Selain Lagu Penyanyi Swedia, Lisensi 4 Lagu Luar Ini Juga Dibeli oleh Ahmad Dhani

Indra Kurniawan | 24 Agustus 2022 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ahmad Dhani tidak hanya membeli lisensi lagu Stephen Simmonds "Tears Never Dry" untuk diubah liriknya pada lagu "Jika Surga Dan Neraka Tak Pernah Ada". Ia juga membeli beberapa lagu luar lain untuk dinyanyikan kembali dan diganti liriknya. Berikut 4 lagu luar negeri yang dibeli suami Mulan Jameela untuk dinyanyikan kembali dan diganti liriknya.

1. Sergio Mendes - Real Life (Cinta Mati 2)

Lagu dari The Virgin feat Mulan Jameela "Cinta Mati 2" sempat dituding plagiat lagu milik Sergio Mendes "Real Life" yang populer pada tahun 1980-an.

Nyatanya, Ahmad Dhani mengaku membeli lisensi lagu tersebut untuk kemudian diaransemen kembali menjadi lebih segar dan menghilangkan efek sound new wave untuk lagu "Cinta Mati 2".

2. Michael English - Do You Believe In Love (Cinta Mati 3)

"Cinta Mati 3" juga berasal dari gubahan lirik dari lagu yang lisensinya dibeli oleh Ahmad Dhani. Lagu itu dari penyanyi pop kontemporer asal Amerika, Michael English berjudul "Do You Believe in Love" rilisan 1991 dari album self-titled-nya.

Lagu ini berdasar info yang dihimpun diciptakan oleh Chris Eaton dan direkam oleh Russ Taff untuk album self titled-nya pada 1987. Pentolan grup musik Dewa 19 membeli lisensi lagu itu dan mengubah liriknya menjadi "Cinta Mati 3" yang dipopulerkan Mulan Jameela pada 2012.

3. Queen - Mustapha (Mustapha)

Mengidolakan band legendaris Queen, beberapa karya Dhani terinspirasi karya-karya Freddie Mercury dkk. Namun ada satu lagu Queen yang lisensinya dibeli Dhani yaitu "Mustapha" untuk kemudian dibawakan kembali oleh Dhani bersama TRIAD pada 2009.

"Mustapha" versi Dhani diberi sentuhan distorsi sehingga terdengar lebih rock dibanding "Mustapha" milik Queen. Dhani juga menyelipkan lirik dalam bahasa Indonesia "Ku berdoa..." selain tetap mempertahankan bahasa Inggris dan Arab.

4. Queen - I Want to Break Free (I Want to Break Free)

"I Want to Break Free" salah satu lagu ikonik Queen yang dirilis dalam album The Works (1984). Lagu itu ditulis oleh gitaris John Deacon.

Ahmad Dhani diketahui pernah membeli lisensi "I Want to Break Free" pada tahun 2006 untuk dinyanyikan ulang bersama Dewa 19 dalam album Republik Cinta.

 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait