Slank hingga Iwan Fals Meriahkan Konser M20

Redaksi | 1 November 2022 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mengiringi KTT G20, Yayasan Anugerah Musik Indonesia dan United in Diversity menggelar rangkaian acara Music20 (M20). Puncak acara M20 akan ditutup dengan M20 Summit Conference pada 31 Oktober 2022 dan M20 Concert tanggal 1 November 2022 ini. Keduanya digelar secara hybird di TMII, Jakarta.

M20 Summit conference yang akan secara resmi dibuka oleh Erick Tohir selaku Menteri BUMN, dihadiri oleh 100 delegasi yang mencakup 30 peserta delegasi Indonesia dan 70 peserta delegasi negara-negara G20 dan negara undangan G20.

Negara-negara yang sudah bersedia untuk hadir yaitu, Amerika Serikat, Brazil, Jepang, Kanada, Kamboja, India, Indonesia, Inggris, Italia, Meksiko, Afrika Selatan, Russia, dan anggota Uni Eropa.

Menurut Ketua Komite Pelaksana M20 Tantowi Yahya, pesan penting dari KTT M20 tidak terbatas pada konser ramah lingkungan dan rendah emisi yang mencakup nol plastik dalam agenda-agenda festival dan industri hiburan.

"Tetapi juga mendukung praktik terbaik untuk mendukung tujuan musik dan juga isu iklim,” kata Tantowi Yahya.

Tantowi Yahya juga menambahkan bahwa M20 fokus pada tujuan SDG serta transformasi digital di industri musik. Lebih penting lagi, KTT ini mencakup penyelarasan kebijakan di masa depan industri musik untuk mendukung inklusi digital dan budaya, kesejahteraan musisi, dan pekerja kreatif.

"Seluruh komunike pada KTT M20 akan menghasilkan draft final yang akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia dan diserahkan kepada India sebagai negara tuan rumah Presidensi G20 pada tahun 2023," kata Tantowi Yahya.

Pada KTT tersebut juga akan dilakukan serah terima program M20 ke pihak India. "Semoga Gerakan M20 yang lahir di Indonesia ini bisa menjadi gerakan yang berdampak dan bermanfaat bagi dunia melalui music” ujar Tantowi Yahya.

Sementara itu, puncak acara Kepresidenan G20 Indonesia akan digelar di Bali pada pertengahan November 2022. Konser M20 akan dimeriahkan oleh sejumlah musisi papan atas seperti Iwan Fals, Kahitna, Once, Isyana X Deadsquad, Dira Sugandi, Slank.

Beberapa poin yang coba digaungkan pada acara ini adalah, driving digital information in fair and inclusive music industry, the welfare of musician, and creative economy worker, better access in the music industry, mainstreaming music-learning, encouraging low-emissions and community-friendly concerts serta menjadikan musik sebagai platform untuk mendorong perdamaian.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait