6 Tips Berbelanja dengan Kartu Kredit

aura.co.id | 22 Desember 2016 | 23:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berbelanja dengan mengunakan kartu kredit memang menyenangkan. Tanpa harus membawa uang kontan yang merepotkan, Anda tinggal mengesek kartu kredit sebagai fasilitas pembayaran, kemudian mendapatkan barang yang Anda suka.

Tetapi, menggunakan kartu kredit untuk berbelanja sebenarnya tidak asal gesek sana sini. Ada strategi khusus yang harus Anda lakukan untuk memastikan dana untuk belanja dari kartu kredit tidak lantas mencekik saat tagihan datang.

Nah, berikut ada 6 tips berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Tips ini bisa Anda contek untuk bisa mengunakan kartu kredit secara bijaksana dan menikmati keuntungan dari promosi kartu kredit yang Anda miliki. Silakan disimak:

 

1. Limit Dana Belanja

Saat Anda memutuskan untuk berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, baiknya Anda memiliki limit dana belanja yang akan dihabiskan. Misalnya Anda ingin membeli tas seharga Rp 500 ribu, maka pastikan dana yang akan Anda pakai dari kartu kredit tidak lebih dari Rp 500 ribu!

Limit dana belanja ini penting karena berhubungan dengan kemampuan Anda membayar tagihan kartu kredit nantinya. Dibutuhkan disiplin yang tinggi untuk tetap berbelanja sesuai dengan limit yang sudah Anda tentukan sendiri.

 

2. Tanyakan Promo atau Diskon

Anda bisa menanyakan ke tempat belanja apakah mereka memberikan promo atau diskon untuk pemegang kartu kredit dari bank yang Anda miliki. Tanyakan juga apakah berbelanja dengan kartu kredit di tempat tersebut akan dikenakan biaya administrasi?

Bertanya sebelum berbelanja termasuk jarang dilakukan, tetapi tidak salahnya Anda mulai dari sekarang. Bukan apa-apa, terkadang Anda bisa mendapatkan promo atau diskon yang cukup besar karena Anda berbelanja dengan kartu kredit. Lumayan kan bisa berhemat?

 

3. Belanja Sesuai Kebutuhan 

Jangan membebankan semua kebutuhan dan belanja dengan mengunakan kartu kredit. Buatlah skala prioritas sesuai kebutuhan mana yang harus dibeli dengan kartu kredit dan yang bisa dibeli dengan uang cash. 

Ingat, cara itu bisa membuat Anda mendapatkan masalah besar karena tagihan yang datang akan membuat Anda tercekik. Belum lagi biaya lain yang harus Anda bayar misalnya biaya materai dan biaya administrasi.


4. Kenali Jenis Kartu Kredit

Yang paling penting Anda harus tahu kalau kartu kredit yang Anda miliki jenisnya seperti apa. 

Misalnya ada kartu kredit yang khusus untuk belanja grosiran di supermarket dan memberikan keuntungan cash-back. Bila Anda memiliki kartu kredit seperti ini, Anda bisa menggunakan kartu kredit itu “hanya” untuk belanja kebutuhan rumah tangga, bukan belanja fashion.  

Mengenal jenis kartu kredit akan membantu Anda berhemat dan mendapatkan keuntungan yang ditawarkan.

 

5. Bayar Lunas Tagihan Bulanan

Anda akan sangat bijaksana bila langsung membayar lunas semua tagihan yang Anda pakai saat berbelanja. Jangan pernah tergoda untuk membayar tagihan minimum, karena  sisa tagihan Anda nantinya akan dikenakan bunga yang cukup besar. 

Membayar semua tagihan akan membuat Anda terhindar dari bunga dan juga bisa menikmati keuntungan memakai kartu kredit secara maksimal. Selain itu Anda juga diberikan waktu beberapa minggu untuk membayar semua tagihan setelah melakukan transaksi. Bukankah itu juga keuntungan untuk Anda?

 

6. Waspada Saat Melakukan Transaksi Belanja Online 

Tips ini khusus untuk Anda yang sering belanja secara online. Bila ternyata ada yang aneh dari tagihan yang datang ke Anda, maka jangan ragu untuk langsung menghubungi bank dan meminta klarifikasi atau pembatalan transaksi.

Bukan rahasia lagi kalau kejahatan kartu kredit sering mengambil korban, terutama mereka yang sering melakukan transaksi secara online.

Untuk menjaga keamanan kartu kredit Anda, pastikan Anda tidak pernah memberikan informasi kartu kredit pada siapa pun dan selalu melakukan transaksi belanja online pada situs resmi dan terpercaya.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait