Cerita Di Balik Potongan Rambut Khas Putri Diana yang Ikonis di Tahun 1990-an

Vallesca Souisa Jumat, 20 Agustus 2021 17:30:23
Di tahun 1990an potongan rambut pendek model Lady Di menjadi tren. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Richard Dalton namanya. Dia adalah penata rambut Putri Diana bertahun-tahun, yang membuat potongan dan model rambut sang putri ini jadi tren di masa itu. Menjadi sorotan selalu, dan membuat banyak wanita di era 1990-an, kalau masih ingat, kala ke salon minta dipotong rambutnya seperti model rambut Lady Di atau Putri Diana.

Sampai hari ini, Richard masih mengabdi pada keluarga kerajaan, memotong, menata, dan merancang gaya rambut beberapa keluarga kerajaan. Dan ketika Richard menata kembali rambut Kate Middleton dan Meghan Markle dulu ketika mau menikah, ini membawanya pada memori saat masih melayani Putri Diana. “Saya bertemu Diana ketika dia berusia 17 tahun,” Richard membuka obrolannya.

Saat itu, Richard memiliki sebuah salon untuk kalangan menegah ke atas, bekerjasama dengan sahabatnya Shanley. “Saya bekerja di sebuah salon bernama Fenwick, di Bond Street, dan saya pernah memotong rambut saudaranya. Yang biasa memegan Diana saat itu adalah sahabat saya Shanley,” kenang Richard.

Tapi kemudian, Shanley diminta secara khusus untuk menangani penampilan anggota parlemen. Hingga ia memercayakan Richard untuk membantunya menangangi penampilan rambut Putri Diana sehari-hari. “Ya itulah awalnya, dan selanjutnya saya bersama dengan sang Putri selama 12 tahun,” ungkap Richard. Bahkan dia juga yang memotong rambut Pangeran William dan Pangeran Harry untuk pertama kalinya.

Putri Diana (Instagram)
Putri Diana (Instagram)

“Dia adalah wanita yang pemalu pada awalnya, namun kemudian tumbuh menjadi seorang Putri yang begitu dielukan rakyatnya. Seorang yang manis, rendah hati, dan elegan. Apapun yang saya lakukan pada rambutnya, pasti muncul di halaman depan surat kabar atau tabloid,” kata Richard. Tidak hanya menata, Richard juga turut merawat dan memperhatikan kerapihan rambut sang putri hari demi hari.

“Rambutnya memang bagus dan elegan. Ketika dipakaikan tiara atau aksesori rambut apapun, terlihat sangat indah,” bilang Richard. Banyak orang tak sadar betapa pentingnya penataan rambut untuk seorang publik figur, apalagi anggota kerajaan. Para penata rambut pribadi sangat berhati-hati sekali dalam menata rambut para bangsawan ini. Dan ketika mengenakan tiara atau mahkota kerajaan, ini harus lebih berhati-hati lagi penanganan atau penataannya.

“Tiara, mahkota, adalah daya tarik dari sebuah monarki, dan ini harus dihargai, dilindungi dengan baik. Ketika menggunakan barang-barang ini dalam rancangan tata rambut kita, harus ekstra hati-hati, bahkan kami tidak boleh memakai hairspray atau produk penataan rambut lainnya, karena takut melukai batu-batuan berharga yang bertahta di tiara atau mahkota tersebut, yang usianya mungkin sudah cukup tua,” jelas Richard. Alasannya sang putri menginginkan rambutnya pendek, adalah demi kepraktisan. Mengingat, dia sering melakukan kunjungan dari negara ke negara dengan acara demi acara yang padat di setiap negaranya.

Tentang rambut pendek Diana yang ikonis di tahun 1990-an, Richard mengatakan kalau potongan pendek itu adalah atas keinginan Diana sendiri. “Mulanya saya membuatnya potongan medium, tetapi Diana meminta saya untuk memotongnya lebih pendek dan pendek lagi, saya mengikutinya. Tapi kemudian tugas saya sebagai penata rambut adalah memikirkan, bagaimana potongan pendek yang elegan bagi seorang putri yang selalu disorot dunia?”

Richard mengadi selama 12 tahun pada Diana sampai anak-anaknya. Hingga Richard meninggalkan usaha salonnya. Mengikuti ke mana Diana pergi, lintas negara, lintas benua.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore