Dianggap Contek Pidato Pangeran William, Pangeran Harry Dikecam Netizen

Redaksi | 20 Juli 2022 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pangeran Harry dan Meghan Markle datang ke New York City untuk menghadiri Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam rangka merayakan Hari Internasional Nelson Mandela pada Senin (18/7) lalu.  Dalam kesempatan itu, Harry menyampaikan pidato.

Dari atas podium, Duke of Sussex sempat berbicara soal foto ibunya, Putri Diana, bersama Mandela.

"Di dinding saya, dan di hati saya setiap hari, terpajang foto pertemuan ibu saya dan Mandela di Cape Town pada tahun 1997," katanya. "Foto itu diberikan kepada saya oleh mendiang Uskup Agung Desmond Tutu. Saya dan istri saya mendapat kehormatan untuk memperkenalkan putra kami yang berusia empat bulan kepadanya (Desmond Tutu) pada tahun 2019." 

"Ketika saya pertama kali melihat foto itu (Diana dan Mandela), yang langsung terpancar adalah kegembiraan di wajah ibu saya. Kegembiraan murni karena berada dalam persekutuan dengan jiwa lain yang begitu berkomitmen untuk melayani umat manusia."

Harry juga berbicara soal istimewanya benua Afrika di hatinya.

"Faktanya, itu tempat di mana saya menemukan kedamaian dan penyembuhan berkali-kali," katanya. "Di situlah saya merasa paling dekat dengan ibu saya dan mencari pelipur lara setelah dia meninggal, dan di mana saya tahu saya telah menemukan belahan jiwa dalam diri istri saya. Dan itulah kenapa banyak pekerjaan saya berbasis di sana."

Naskah pidato itu kemudian diposting online. Namun kemudian sejumlah netizen menyebut bahwa pidato itu terdengar familiar. Itu karena pada tahun 2021, Pangeran William menyampaikan pidato di Gereja Skotlandia dan mengatakan dia menemukan "ketenangan" di negara itu setelah ibunya meninggal. Duke of Cambridge kemudian menjelaskan betapa istimewanya Skotlandia baginya karena di sana juga dia bertemu calon istrinya, Kate Middleton.

Seorang pengguna Twitter sempat  memposting klip yang membandingkan kedua pidato dan beberapa orang menuduh Harry menyontek pidato William dan menyebutnya sebagai Duke of Plagiarism atau Adipati Plagiarisme

"Pangeran Harry baru saja menyalin dan menempelkan Pidato Gereja Skotlandia 2021 Pangeran William," tulis seorang pengguna.

"WOW! JADI dia juga menjiplak,” cuit yang lain.

Ada pula yang mengolok-olok Harry dengan menulis: "Dia berpikir, orang mungkin tidak akan mengingat pidato William dari setahun yang lalu."

Pengguna Twitter lain menyebut ini bukan kali pertama Harry mencontek William. "Ini bukan pertama kalinya dia meniru William. Bertahun-tahun yang lalu William mengatakan bahwa dia marah kepada semua orang yang meratap di pemakaman ibunya, karena mereka sebetulnya tidak mengenalnya. Bertahun-tahun kemudian Harry menggunakan kata-katanya dalam sebuah wawancara."

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait