Top! Bayer Leverkusen Tim Pertama Juara Bundesliga Tanpa Terkalahkan

Indra Kurniawan | 19 Mei 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bayer Leverkusen kembali memetik kemenangan. Hasil tersebut menjadikan Leverkusen tim pertama yang melewati satu musim Bundesliga tanpa terkalahkan. Mereka merebut gelar Bundesliga, mengakhiri dominasi Bayern selama 11 musim. 

Pada pekan terakhir Bundesliga, Sabtu (18/5) malam WIB, tim asuhan Xabi Alonso menundukkan Augsburg 2-1 berkat gol dari Victor Boniface dan Robert Andrich.

Ini kemenangan ke-28 Leverkusen musim ini. Leverkusen juga bermain imbang dalam enam pertandingan tetapi tidak pernah kalah, mengakhiri musim dengan 90 poin.

Leverkusen hanya kalah dari Bayern Munich yang menjadi juara Bundesliga 2012-13, dengan 91 gol di era Bundesliga. Bayern sendiri musim ini finis ketiga setelah kalah 4-2 di Hoffenheim.  

Posisi runner-up menjadi milik VfB Stuttgart usai melibas Borussia Monchengladbach 4-0, membuat mereka naik satu poin di atas tim asuhan Thomas Tuchel.  

Bayer Leverkusen juara Bundesliga pertama kalinya tanpa terkalahkan. (X/Bayer Leverkusen)

Ini pertama kalinya Bayern gagal finis di dua besar kompetisi papan atas Jerman sejak 2010-11. Di musim itu, Bayern finis di peringkat tiga, di bawah Borussia Dortmund dan Bayern Leverkusen, dengan 65 poin.

Menariknya, Leverkusen juga tidak terkalahkan di semua kompetisi pada musim ini, dan menjejak final Piala Jerman dan Liga Europa. Di final Piala Jerman pada  Leverkusen akan menghadapi FC Kaiserslautern. 

Sedangkan final Liga Europa mempertemukan Leverkusen dengan Atalanta. Final Liga Europa akan dilangsungkan di Kota Dublin pada Rabu (22/5) mendatang. 

Kemenangan pada dua final tersebut akan memperpanjang rekor tak terkalahkan Leverkusen menjadi 53 pertandingan, jauh melampaui rekor klub Portugal Benfica dengan 48 pertandingan berturut-turut tanpa kekalahan dari Desember 1963 hingga Februari 1965.

Xavi Alonsi berjay bersama Bayer Leverkusen. (X/tabloidbintang.com)

Tim legendaris Benfica, dipimpin oleh Eusebio, memenangkan liga dan piala Portugal selama rekor tak terkalahkan mereka.

Di bawah Alonso, Leverkusen tetap tak terkalahkan dalam 34 pertandingan Bundesliga, lima pertandingan Piala Jerman, dan 12 pertandingan Liga Europa, memenangkan 42 pertandingan di antaranya.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait