Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon: Ini Spot Terbaik untuk Nikmati

TEMPO | 31 Januari 2018 | 14:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ingin menyaksikan langsung gerhana bulan nanti malam? BMKG menyarankan sejumlah spot terbaik bagi masyarakat yang ingin melihat keindahan gerhana bulan istimewa yang dijuluki Super Blue Blood Moon nanti malam, 31 Januari 2018. Juru bicara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Djatmiko menyarankan agar masyarakat mendatangi kawasan pantai atau puncak gedung tinggi yang tak terhalang bangunan lain.

"Spot terbaik untuk melihatnya di pantai dan gedung tinggi. Di sana gerhana bulan akan enak dilihat," kata Hary saat dihubungi Tempo, Selasa, 30 Januari 2018.

Cuaca saat sore sampai malam nanti akan didominasi keadaan cerah berawan. Masyarakat masih bisa menyaksikan pemandangan langka yang terjadi bisa ratusan tahun sekali itu. "Kalau mau melihat tidak mungkin sepanjang waktu. Sebab kadang tertutup awan kadang tidak," ucapnya. Jika ingin menyaksikan fenomena ini dengan jelas, masyarakat dianjurkan mendatangi Planetarium di Taman Ismail Marzuki yang mempunyai teropong untuk melihatnya. "Di sana bisa full. Kalau dengan mata telanjang ada syarat dan ketentuan berlaku, yaitu cuacanya cerah."

Hary mengatakan, fenomena gerhana bulan bisa disaksikan mulai pukul 17.00-23.00 WIB. Bahkan, untuk supermoon bisa dilihat sampai dini hari. Selain itu, penampakan fenomena malam ini menjadi spesial karena tiga kejadian alam yaitu gerhana bulan, supermoon, dan bluemoon akan terjadi dalam waktu yang bersamaan. Namun, masyarakat juga diimbau agar mewaspadai dampak gerhana, seperti air pasang.

"Terutama di kawasan Pantai Utara dan Muara Karang dan sekitarnya," kata jubir BMKG ini. "Kondisi gerhana bulan terakhir pada 3-4 Desember kemarin, menimbulkan rob, meski tidak hujan di kawasan Sunda Kelapa dan Muara Karang."

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait