Apa Bedannya Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen?

Dian Fitriani | 5 Desember 2023 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sunscreen adalah produk perawatan kulit (skincare) yang dirancang untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari, terutama sinar ultraviolet (UV). Fungsi utama dari sunscreen adalah untuk mencegah atau mengurangi efek negatif sinar UV pada kulit.

Paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit, termasuk penuaan dini, kanker kulit, dan luka bakar matahari. Sunscreen bekerja menyerap atau memantulkan sinar UV dengan bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Ada dua jenis sunscreen, physical suncreen dan chemical sunscreen. Keduanya bekerja dengan cara berbeda untuk melindungi kulit sinar UV.

Dengan demikian, perbedaan kedua sunscreen tersebut dapat dilihat dari bahan aktifnya, cara kerja sunscreen tersebut pada kulit, waktu kerjanya, dan efek samping.

Physical suncreen menciptakan lapisan fisik di atas kulit untuk memantulkan sinar UV, sunscreen tersebut bekerja segera setelah diaplikasikan ke kulit, biasanya sunscreen ini cocok untuk kulit sensitif karena cenderung kurang menyebablan iritasi.

Sedangkan, cara kerja chemical sunscreen menggunakan bahan kimia untuk menyerap sinar UV dan mengubah menjadi panas, kemudian melepaskannya dari kulit, sunscreen ini memerlukan waktu beberapa menit untuk aktif setelah diaplikasikan ke kulit. 

Akan tetapi, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif dapat mengalama iritasi atau alergi terhadap bahan kimia tersebut. 

Demikian juga, kelebihan dan kekurangan dari physical sunscreen adalah cocok untuk jenis kulit sensitif, sedangkan kekurangan dari pemakaian physical sunscreen yang memberikan efek whitecast atau lapisan putih. Kemudian, chemical sunscreen memiliki kelebihan tekstur yang mudah dioleskan dan tidak meninggalkan efek whitecast atau lapisan putih.

Namun, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif mungkin mengalami iritasi atau reaksi alergi.

Ringkasnya, pilihan antara physical dan chemical sunscreentergantung pada preferensi pribadi, jenis kulit, dan kondisi kulit individu. Penting juga untuk menggunakan sunscreen secara teratur, terutama saat berada di luar ruangan atau terpapar sinar matahari secara langsung.

Pemakaian sunscreen dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Selain itu, penggunaan sunscreen juga dapat membantu mencegah risiko kanker kulit yang terkait dengan paparan sinar UV berlebihan.

Penulis : Dian Fitriani
Editor: Dian Fitriani
Berita Terkait