3 Alasan Finlandia Dinobatkan Negara Paling Bahagia di Dunia

Siti Adisya Kirana | 12 Desember 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari semua negara di dunia, Finlandia dinobatkan menjadi negara paling bahagia di dunia, dilansir dari World Happiness Report pada 2021 lalu.

Rupanya, ini bukan pertama kalinya Finlandia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia. Selama 4 tahun berturut-turut, Finlandia mengalahkan 148 negara lainnya dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

Finlandia berada di urutan teratas, diikuti oleh Denmark dan Islandia. Alasan mengapa orang Finlandia lebih bahagia daripada negara lain memiliki banyak faktor, seperti ketimpangan pendapatan yang rendah (terutama perbedaan antara gaji tertinggi dan terendah), dukungan sosial yang tinggi, kebebasan mengambil keputusan, dan korupsi yang rendah.

Berikut 3 alasan mengapa Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia :

1. Kesetaraan dan kesederhanaan

Di Finlandia, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dan tidak dinilai dari latar belakangnya.

Dilansir oleh The Helsinki Times, bahwa negara ini memiliki banyak warga ekonomi kelas menengah, dan golongan keluarga yang tidak mampu hanya sedikit.

Orang kaya di Finlandia juga tidak suka pamer dan memilih hidup sederhana. Misalnya, saat memilih mobil, mereka akan memilih mobil golongan tua seperti Volvo. Sangat jarang yang memakai mobil Lamborghini.

Sedangkan bagi mereka yang tidak mampu terus mengenyam pendidikan dan kesehatan, serta jaminan tempat tinggal.

2. Memiliki alam yang indah

Di negara ini terdapat banyak sekali pemandangan alam yang sangat indah. Alam telah menjadi bagian besar dari kehidupan di negeri ini.

Faktor lainnya adalah ibu kota yang dikelilingi oleh pulau-pulau, hutan, taman nasional, dan laut. Para penghuni negeri ini juga sangat bertanggung jawab karena mereka mampu menjaga keindahan alam yang dimilikinya.

3. Gaya hidup santai

Alasan selanjutnya mengapa Finlandia disebut sebagai negara paling bahagia adalah karena negara ini memiliki kebiasaan santai dan bebas. Dibandingkan dengan negara lain, negara ini sangat damai dengan dirinya sendiri.

Budaya negara ini juga sangat hangat, fokus pada kerja sama agar masyarakat tidak khawatir dengan dunia luar, sehingga bisa bertahan dalam menghadapi kehidupan dan masalah.

Itulah 3 alasan mengapa Finlandia dikatakan negara paling bahagia di dunia. Dari penjelasan tersebut, Finlandia memiliki banyak faktor positif sehingga mempengaruhi masyarakat yang merasa aman dan tentram untuk tinggal di sana.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait