4 Bahan Alami yang Bisa Mencegah Keriput pada Wajah

Fadila Nurul Azizah | 3 Februari 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seiring bertambahnya usia, penurunan kadar kolagen dan elastin dalam kulit menjadi tak terhindarkan, menciptakan suatu fenomena yang alami. Proses ini dapat mengakibatkan penurunan elastisitas kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan. Meskipun demikian, terdapat metode alami yang efektif untuk mengurangi kerutan.

Munculnya kerutan merupakan bagian alami dan tak terhindarkan dari proses penuaan. Meskipun demikian, sejumlah faktor seperti polusi lingkungan, kebiasaan merokok, tingkat stres, dan pola makan yang tidak sehat dapat memperburuk gejala penuaan atau mempercepat timbulnya kerutan.

Selain melakukan perawatan kulit yang baik, mengadopsi gaya hidup sehat juga menjadi kunci untuk mengurangi dan menunda munculnya kerutan.

Apa saja bahan alami yang dapat mengurangi dan mencegah timbul keriput pada wajah?

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun dapat mengurangi kerutan secara alami, asam lemak esensial dan vitamin yang terkandung dalam minyak zaitun mampu mencerahkan kulit dan memberikan kelembapan. Tak hanya memiliki efek melembabkan yang baik, tepi juga mengandung asam lemak esensial yang bermanfaat bagi dermis.

2. Masker Madu Yogurt
Masker madu yogurt adalah pengobatan rumahan paling populer untuk mengurangi atau mencegah kerutan.

Ada yang bilang yogurt membantu melembapkan kulit dan menghaluskan teksturnya . Selain itu, menurut makalah yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Cosmetic Dermatology, madu mengandung bahan-bahan yang kuat. membantu menjaga kulit tetap bersih dan mencegah kerutan.

Cara menggunakan masker yogurt madu:

- Tambahkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan jus lemon atau jus jeruk ke dalam setengah wadah yogurt alami tanpa pemanis dan aduk.

- Oleskan pada wajah yang bersih, tunggu 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air.

Masker madu yogurt disarankan digunakan 2-3 kali seminggu, secara rutin.

3. Serum Antioksidan Vitamin C
Serum antioksidan vitamin c dapat memperbaiki kerutan, serum ini efektif menghilangkan kerutan, termasuk di sekitar mata.

Karena vitamin C merupakan bahan fotosensitif, serum ini sebaiknya hanya digunakan pada malam hari. Jika Anda menggunakan serum pada siang hari, bintik-bintik mungkin muncul.

4. Krim Minyak Biji Gandum
Krim minyak biji gandum untuk mengurangi Keriput secara alami, digunakan setiap hari akan bermanfaat Gunakan krim ini setiap hari untuk melihat manfaat anti penuaan dari bahan aktifnya, termasuk kolagen.         

Kolagen dan bibit gandum merupakan kombinasi yang efektif untuk kerutan kulit. Faktanya, beberapa peneliti di Universitas Ravi Shankar Shukla menemukan bahwa minyak biji gandum secara efektif meningkatkan kelembaban kulit. menemukan bahwa

Krim dapat digunakan secara rutin pada pagi atau sore hari 

Penulis : Fadila Nurul Azizah
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait