10 Cara Singkirkan Pakaian Bekas dengan Minimum Risiko Kerusakan Lingkungan

Alam Mary | 21 April 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pakaian bekas menjadi salah satu sumber sampah yang paling sulit ditangani. Material kain termasuk yang sulit terurai. Ukurannya pun termasuk besar dan jumlahnya banyak. Dalam satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak misalnya, akan menghasilkan sampah pakaian bekas minimal setahun sekali. 

Ya, umumnya orang-orang akan menyingkirkan pakaian lamanya yang sudah tidak terpakai ketika masuk stok pakaian baru. Di Indonesia, stok pakaian baru biasanya bertambah saat momen Lebaran atau Natal.

Lantas kemana biasanya orang-orang menyingkirkan pakaian bekas mereka? Melihat salah satu unggahan Pandawara Group di Instagram baru-baru ini, terlihat ketika mereka membersihkan sebuah sungai, salah satu sampah yang cukup banyak menjejali adalah sampah pakaian. Dan memang begitulah kenyataannya. Sungai masih menjadi salah satu tempat pembuangan sampah utama bagi banyak orang. Termasuk untuk membuang pakaian yang tidak terpakai lagi.

Tentu saja, hal ini bila dibiarkan terus-menerus atau justru diikuti oleh lebih banyak lagi orang-orang, akan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang lebih parah lagi. Demi meminimalkan risiko tersebut, ada baiknya kita semua lebih berhati-hati lagi saat mengurusi sampah pakaian. Melansir The Spruce, terdapat 10 cara membuang pakaian tidak terpakai dengan minimum risiko kerusakan lingkungan, sebagai berikut ini.

1. Titip jual di toko

Biasanya ada toko-toko kelontong yang melakukan jual beli pakaian bekas. Anda bisa titipkan pakaian bekas yang masih dalam kondisi baik ke tempat semacam ini. Berapa pun atau bagaimana pun caranya toko ini akan membayar Anda, terima saja. Ketimbang membawa pulang lagi pakaian-pakaian tersebut hingga menumpuk sia-sia di rumah. 

2. Buka garage sale

Anda memiliki cukup banyak pakaian yang akan disingkirkan. Anda juga merasa kualitasnya masih sangat bagus dan bahkan bermerek. Mengapa tidak membuka sebuah garage sale? Gantung rapi pakaian-pakaian yang akan dijual murah meriah, umumkan melalui grup chat warga atau tempel pengumuman sederhana di area luar rumah. Nantinya Anda akan melihat orang yang benar-benar membutuhkan datang sendiri dan mengambil yang mereka sukai.

3. Donasikan ke tempat penampungan hewan

Untuk pakaian-pakaian yang sudah tidak layak pakai, termasuk di sini semacam selimut bekas atau seprai bekas, maka Anda bisa menyumbangkannya ke tempat-tempat penampungan hewan liar. Apa yang Anda berikan akan memberi kehangatan yang mereka butuhkan.

4. Jual secara online

Mau coba-coba belajar berdagang online? Maka berbagai platform e-commerce bisa dimanfaatkan untuk melariskan pakaian bekas Anda. Foto satu-satu produk yang akan dijual dengan estetik dan menarik. Jangan lupa sertakan informasi kecacatan produk dan cantumkan harga yang selayaknya.

5. Sumbangkan melalui organisasi sosial atau amal

Organisasi semacam ini biasanya terdepan dalam membantu warga yang terkena bencana alam atau musibah banjir, kebakaran dan lain-lain. Maka donasi pakaian layak pakai hampir pasti selalu diterima baik di tempat ini.   

6. Berikan kepada orang yang Anda tahu membutuhkan

Ada seseorang yang Anda tahu baru saja melahirkan, baru diterima bekerja, dan lain-lain. Maka memberikan mereka pakaian yang memang sedang dibutuhkan akan sangat berarti. 

7. Hubungi tempat penampungan gelandangan dan semacamnya

Orang-orang yang tidak punya tempat tinggal layak atau para gelandangan, akan lebih mudah menerima pemberian pakaian bekas layak pakai. Terlebih jika Anda memberikan pakaian-pakaian jenis tebal dan hangat.

8. Manfaatkan untuk penggalangan dana

Pakaian-pakaian high end biasanya masih bisa dilelang karena peminatnya juga pasti banyak. Dengan penjualan metode lelang yang dibarengi tujuan penggalangan dana, misal untuk rumah yatim, anak-anak pejuang kanker, dan lain-lain, bukan tidak mungkin didapat harga pembelian yang fantastis. 

9. Daur ulang sendiri

Ini berlaku untuk pakaian bekas yang sudah sangat tidak layak pakai. Anda bisa mengguntingnya hingga menjadi potongan-potongan kecil. Yang cukup besar bisa dijadikan kain lap, dijahit lagi menjadi keset, atau untuk isian bantal duduk lantai. 

10. Jadikan sebagai hadiah

Untuk pakaian tidak terpakai yang tergolong istimewa, Anda dapat menjadikannya barang hadiah kepada seseorang yang memiliki kedekatan dengan Anda. Seperti kepada saudara, keponakan, sahabat, atau kerabat lainnya. Mereka akan senang hati menerimanya karena Anda juga tahu mereka

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait