Pesan Menggugah Demi Moore untuk Keluarga Penderita Demensia

Binsar Hutapea | 1 Februari 2024 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Demi Moore meminta keluarga penderita demensia untuk "melepaskan" orang yang dulu mereka kenal.

Mantan suami Demi (61), Bruce Willis, diketahui menderita demensia frontotemporal tahun lalu. Aktris Ghost ini mengaku telah belajar untuk menerima kondisi Bruce sekarang, ketimbang berduka karena kondisi Bruce yang telah berubah.

Hal itu diungkap Demi ketika ditanya Andy Cohen di acara "Radio Andy" tentang apa pesan yang disampaikan kepada keluarga penderita demensia. "Apa pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang-orang di luar sana yang memiliki anggota keluarga yang menderita demensia, yang mungkin merawat mereka atau hadir dalam hidup mereka?" tanya Andy.

Dia menjawab: "Saya pikir hal paling penting yang bisa saya bagikan adalah hanya menerima kondisi mereka sekarang."

"Ketika Anda melepaskan siapa mereka dulu atau siapa yang Anda pikir mereka dulu, atau bahkan siapa yang mereka Anda inginkan, Anda kemudian benar-benar bisa tetap berada dalam saat ini dan menerima kebahagiaan dan cinta yang hadir dan tersedia untuk semua yang mereka miliki, bukan semua yang tidak mereka miliki."

Rekan Demi di serial Feud, Chloe Sevigny, kemudian menyela: "Saya akan menggunakan itu ketika saya pulang dan melihat ibu saya. Bukan karena dia mengidap demensia, tetapi dia benar-benar menjengkelkan."

Sementara itu, teman Bruce Willis, Glen Gordon Caron, baru-baru ini berbicara tentang kunjungannya ke sang aktor dan meskipun bintang berusia 68 tahun itu masih menyadari siapa dirinya, ia merasa sahabatnya telah berubah.

"Pendapat saya adalah, dalam satu hingga tiga menit pertama, dia tahu siapa saya. Tapi dia tidak sepenuhnya dapat berbicara. Dulu dia pembaca yang rakus — dia tidak ingin ada yang tahu itu — dan sekarang dia tidak membaca," katanya kepada New York Post.

"Semua keterampilan bahasa itu tidak lagi tersedia untuknya, namun dia tetap Bruce."

"Ketika Anda bersamanya, Anda tahu bahwa dia Bruce dan Anda bersyukur bahwa dia ada di sana, tetapi kebahagiaan hidupnya hilang," tambahnya. 

Sutradara berusia 69 tahun tersebut — yang menciptakan drama komedi Moonlighting pada tahun 1980-an, yang dibintangi Bruce bersama Cybill Shepherd sebagai detektif swasta — merasa "mengagumkan" melihat seberapa banyak temannya telah berubah.

"Hal yang membuat (penyakitnya) begitu mengagumkan adalah (bahwa) jika Anda pernah menghabiskan waktu bersama Bruce Willis, tidak ada yang memiliki lebih banyak joie de vivre daripada dia. Dia mencintai hidup dan… sangat mencintai bangun setiap pagi dan berusaha menjalani hidup sebaik mungkin," sebutnya.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Supriyanto
Berita Terkait