Beyonce jadi Wanita Kulit Hitam Pertama yang Duduki Puncak Tangga Lagu Country Billboard

Binsar Hutapea | 23 Februari 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Single country terbaru dari bintang pop Amerika Beyonce, "Texas Hold 'Em", bertengger di peringkat pertama tangga lagu country Billboard minggu ini, menjadikannya artis wanita beruklit hitam pertama yang memegang posisi puncak.

Single sang diva lainnya, "16 Carriages", juga dirilis pada 11 Februari, debut di peringkat ke-9 di tangga lagu country Billboard. Lagu-lagu tersebut mencapai peringkat ke-2 dan ke-38 di tangga lagu Billboard Hot 100.

"Texas Hold 'Em" sendiri telah mendapat lebih dari 19 juta streaming, dan "16 Carriages" meraih 10,3 juta streaming.

Secara historis, artis berkulit hitam telah berjuang untuk mendapatkan pengakuan dalam genre musik country, sebuah bidang yang sering didominasi oleh penyanyi pria kulit putih.  Kesuksesan single country Beyonce ini datang pada saat wanita berkulit hitam mulai mendapat pengakuan dalam ranah tersebut.

Pada acara Country Music Association Awards pada November 2023, Tracy Chapman memenangkan Song of the Year untuk "Fast Car" (1988), yang menduduki puncak tangga lagu country lebih dari tiga dekade setelah dirilis, berkat lagu cover oleh penyanyi country Amerika Luke Combs.

Artis country wanita kulit hitam seperti Mickey Guyton dan Brittney Spencer juga telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir.

Beyonce (42) sendiri tercatat sebagai wanita pertama yang menduduki puncak kedua tangga lagu Hot Country Songs dan Hot R&B/Hip-Hop Songs sejak didirikan pada tahun 1958, menurut Billboard.

Kedua single tersebut adalah bagian dari album terbaru Beyoonce, Act II. Album tersebut akan dirilis pada 29 Maret mendatang.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait