Memotret Andy Lau Pakai iPhone, Aktor Tiongkok Ini Dihujat Netizen : Tidak Patriotik

Binsar Hutapea | 16 November 2022 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor dan sutradara Tiongkok Wu Jing dikecam netizen karena menggunakan ponsel iPhone. Ia dianggap tak patriotik karena tak menggunakan produk lokal. 

Wu Jing yang berusia 48 tahun melambung setelah menyutradarai dan membintangi film Wolf Warrior 2 pada 2017.

Film tersebut, yang mengisahkan tentang seorang tentara Tiongkok dalam sebuah misi, mendapat pujian atas tema patriotiknya, dan menjadi film Tiongkok dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa, dengan perolehan box office sebesar 5,7 miliar yuan atau sekitar Rp12,5 triliun. 

Menyusul kesuksesan besar film itu, Wu Jing muncul di sejumlah film patriotik lainnya, termasuk My People, My Country dan My Country, My Parents.

Wu Jing dan Andy Lau (Sinchew News)

Karena sering tampil dalam film patriotik, Wu Jing kemudian menjadi wajah dari banyak merek Tiongkok. Salah satu merek tersebut adalah perusahaan teknologi Tiongkok, ZTE.

Nah, baru-baru foto-foto Wu Jing yang tampak gembira saat mengambil foto Andy Lau dengan iPhone di Golden Rooster Awards menjadi viral di media sosial Weibo.  

Sementara beberapa penggemar bercanda memanggilnya "Andy Lau fanboy", yang lain tidak terlalu senang dengan fakta bahwa sang aktor memotret menggunakan iPhone, produk asal Amerika Serikat.

Banyak yang bertanya-tanya apakah aktor yang menjadi brand ambassador ZTE awal tahun ini telah memutuskan kontraknya. Banyak juga yang kemudian mengecamnya. 

"Dia seharusnya tidak menggunakan (iPhone) di depan umum jika masih terikat kontrak sebagai juru bicara (untuk ZTE)".

“Ternyata Wolf Warrior tidak patriotik," kata yang lain. 

Sementara itu netizen lain bersikap positif dengan mengatakan bahwa dia bisa saja sedang membantu orang lain untuk mengambil foto. Atau mungkin saja dia memiliki lebih dari satu ponsel.

Ini bukan pertama kalinya sang aktor dikritik karena tidak menggunakan ponsel merek Tiongkok.

Dia juga pernah dikecam netizen Tiongkok tahun lalu ketika membuat postingan Weibo dari iPhone.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait