Reaksi Andy Lau Wajahnya Digunakan Tanpa Izin oleh 84 Perusahaan

Binsar Hutapea | 16 Desember 2023 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ternyata, banyak perusahaan yang menggunakan wajah Andy Lau tanpa persetujuannya.

Di media sosial, netizen banyak memposting produk yang mencatut wajah aktor Hong Kong tersebut, seperti pakaian, ponsel, pil penurun berat badan, dan meja mahjong.

Menurut manajemen Andy, ada sekitar 84 kasus pencatutan kliennya. Manajemen telah mengeluarkan surat teguran kepada perusahaan-perusahaan tersebut atas iklan tanpa izin itu.

Namun sejumlah produsen berkilah telah menandatangani kontrak dengan grup film dan televisi untuk penggunaan citra aktor dan penyanyi berjuluk Heavenly King ini. Misalnya saja sebuah produk kol fermentasi


Manajemen Andy Lalu menambahkan dalam pernyataannya bahwa mereka tidak pernah bekerja sama dengan merek kol fermentasi itu. Namun, produsen beralasan bahwa meskipun tidak menandatangani perjanjian dengan manajemennya, mereka memiliki kontrak dengan sebuah grup film dan televisi untuk menggunakan citra Andy.

Sebelumnya, sebuah perusahaan produsen alat penjernih air ketahuan menggunakan gambar dari film-film Andy secara ilegal, mengklaim bahwa penyanyi-pemeran tersebut adalah juru bicara produk tersebut.

Perusahaan itu kemudian dihukum oleh pengadilan untuk menghentikan penggunaan citra Andy dan membayar kompensasi sebesar 94 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp1 miliar. Mereka juga harus menanggung semua biaya hukum dan mengeluarkan permintaan maaf kepada publik.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait