Tips Mendesain Ruang Keluarga Ideal Menurut Feng Shui

HOME.CO.ID | 4 Oktober 2020 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ruang keluarga merupakan tempat yang paling penting dalam sebuah rumah. Pasalnya, ruangan ini biasanya diletakan di tengah rumah yang memiliki fungsi sebagai tempat berinteraksi atau tempat berkumpulnya sesama anggota keluarga.

Maka dari itu, dalam ilmu feng shui tempat ini harus didesain sebaik mungkin agar dapat membawa energi baik bagi penghuni rumah. 

Bila Anda sedang berencana membangun rumah, perlu memerhatikan beberapa hal aturan feng shui ini dalam mengatur ruang keluarga. Berikut uraiannya:

Segi Empat
Bentuk terbaik untuk ruang keluarga adalah empat persegi panjang. Bentuk-bentuk ruangan yang tidak beraturan, seperti bentuk L, segi lima, dan sebagainya, akan membuat aliran energi Chi (Qi) kurang berfungsi dengan baik.

Sesuaikan
Ukuran ruang keluarga harus serasi, proporsional, dan disesuaikan dengan fungsinya, apakah hanya untuk menonton TV atau untuk aktivitas permainan yang membuat semua anggota keluarga senang mempergunakannya.

Cermin
Jika terletak setelah pintu masuk rumah, jangan letakkan cermin pada ruang keluarga.

Ruang Makan
Jika memungkinkan, posisi ruang keluarga sebaiknya lebih rendah dari lantai ruang makan. Dalam desain, umumnya lantai ruang keluarga sedikit direndahkan.

Ventilasi
Ruang keluarga sebaiknya terhubung dengan ruang luar, sehingga ventilasi udara bisa berjalan dengan baik. Di sini bisa saja didapatkan jendela dan pintu yang cukup lebar sehingga pencahayaan alami juga bisa didapatkan dengan baik. Ruang Keluarga kurang baik jika terjepit oleh semua ruangan atau tidak memiliki udara luar yang masuk.

Foto
Letakkan foto keluarga agar setiap anggota keluarga merasa memiliki tempat dan peranan di dalam keluarga. Selain itu, foto juga merupakan kebanggaan karena memperlihatkan keintiman, apalagi jika foto diambil pada lokasi dan waktu yang memiliki kenangan atau makna khusus.

Lukisan
Jangan meletakkan foto atau lukisan binatang yang menyeramkan.

Sudut yang Menusuk
Perhatikan apakah ada sudut siku tembok yang ‘menusuk’ ke ruang keluarga. Jika ada, sebaiknya diatasi dengan meletakkan tanaman yang menghalang siku runcing tersebut.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait