Ini Cara Menghentikan Facebook Melacak Lokasi Anda

TEMPO | 22 Februari 2019 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Media sosial Facebook menggunakan data pengguna sebagai sebuah "big data" kemudian menjualnya kepada pengiklan, termasuk data lokasi dari ponsel pengguna. Namun, jika tidak nyaman dengan hal tersebut, Anda dapat menghentikan Facebook melacak lokasi Anda sepenuhnya, atau mengizinkannya hanya ketika Anda menggunakan aplikasi tersebut.

Ini adalah fitur yang sudah ada di iPhone dqn Android, yang memungkinkan Anda membatasi aplikasi melacak lokasi Anda kapan saja.

Begini cara agar dapat mengubah izin lokasi Anda:

Di iOS:
1. Buka aplikasi Facebook di ponsel Anda, dan kemudian pergi ke Settings and Privacy dan ketuk Settings.
2. Scroll ke bawah ke bagian Privasi dan ketuk opsi Lokasi.
3. Klik Lokasi dan pilih pengaturan yang Anda inginkan seperti yang ditunjukkan pada layar
Jika anda tidak suka lokasi anda dideteksi, pilih "Don't Allow". Namun jika anda hanya mengizinkan sesekali  ketika anda menggunakan aplikasi, pilih "Only while using the app"
4. Anda juga dapat melihat dan mematikan Riwayat Lokasi, sehingga Facebook tidak menyimpan catatan tempat yang telah Anda kunjungi.

Di Android:
1. Buka aplikasi Facebook di ponsel Anda, dan kemudian pergi ke Settings and Privacy dan ketuk Settings.
2. Scroll ke bawah ke bagian Privasi dan ketuk opsi Lokasi.
3. Ketuk Location Services atau Layanan Lokasi untuk menghidupkan atau mematikan pelacakan lokasi.
4. Opsi Background Location memungkinkan Anda untuk memilih apakah Anda ingin mengizinkan Facebook untuk melacak lokasi Anda, bahkan ketika Anda tidak menggunakan aplikasi.

Sebaiknya Anda mematikan layanan lokasi sepenuhnya. Namun, jika Anda menggunakan layanan seperti Teman Terdekat, ada baiknya membatasi akses lokasi hanya ketika Anda menggunakan aplikasi Facebook.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait