Melihat Awal Keterlibatan Amerika di Afghanistan lewat Film Charlie Wilson's War

Redaksi | 17 Agustus 2021 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pasukan Amerika meninggalkan Afghanistan. Tak lama setelah itu, seperti ramai diberitakan media hari-hari ini, pasukan Taliban kembali bergerak dan dengan cepat berhasil menguasai kembali Afghanistan. Bagaimana awal keterlibatan Amerika di Afganistan? Film Charlie Wilson's War yang diproduksi tahun 2007 mengangkat kisah nyata anggota Kongres Amerika Charlie Wilson dan agen CIA Gust Avrakotos, yang menceritakan awal keterlibatan Amerika dalam mendukung pasukan mujahidin Afghanistan melawan tentara Uni Soviet.

Disutradarai Mike Nichols, dibintangi Tom Hanks, Julia Roberts dan Philip Seymour Hoffman, film ini dinominasikan untuk lima Penghargaan Golden Globe, termasuk Film Terbaik – Musikal atau Komedi, tapi tidak menang dalam kategori apa pun. 

Berseting tahun 1980. Anggota Kongres Charlie Wilson (diperankan Tom Hank) digambarkan sebagai sosok yang lebih tertarik berpesta dan minum-minum daripada membuat undang-undang. Tak hanya itu, dia juga mempekerjakan wanita-wanita muda yang selalu mengikuti ke manapun dia pergi. Gaya hidupnya ini membuatnya diselidiki penegak hukum atas tuduhan penggunaan kokain. Penyidikan dilakukan jaksa federal Rudy Giuliani.

Teman wanitanya yang digambarkan sebagai seorang pelobi ulung, Joanne Herring (Julia Roberts), mendorong Charlie berbuat lebih banyak membantu rakyat Afghanistan. Setelah melihat berita di TV tentang sekelompok tentara mujahidin melawan helikopter tempur Uni Soviet dengan senjata seadanya, Charlie Wilson menemukan gagasan cemerlang. Saat itu Amerika masih terlibat perang dingin dengan Uni Soviet. Kalau ada sekelompok pasukan menembaki pesawat tempur Ini Soviet, pasti akan baik bagi Amerika kalau membantu mereka. Charlie Wilson, anggota Kongres yang senang berpesta itu pun melakukan tindakan besar. Dia melobi anggota kongres Amerika agar mengerahkan bantuan pada tentara Afganistan. Dibantu agen CIA Gust Avrakotos (Philip Seymour Hoffman), Charlie Wilson mencari orang-orang yang tahu peta peperangan antara tentara Afghanistan dan Uni Soviet. Bagaimana mengirim bantuan senjata ke tentara Afghanistan, senjata apa yang cocok buat membantu mereka memerangi tentara Soviet?

Langkah Charlie Wilson berbuah kecermelangan bagi kariernya juga dukungan politik untuknya. Dukungan dari kongres Amerika buat upayanya membantu tentara mujahidin terus berkembang. Berkat upayanya jutaan dolar digelontorkan Amerika untuk membantu mujahidin Afghanistan. Berkat upaya Charlie Wilson ini tentara mujahidin berhasil melawan tentara Uni Soviet, bahkan mengusirnya dari Afganistan. Kemenangan mujahidin Afghanistan juga jadi kemenangan karier politik Charlie Wilson.

Setelah tentara mujahidin Afghanistan berhasil mengusir Soviet, Charlie Wilson ingin meneruskan upayanya membantu rakyat Afganistan. Kali ini bantuan yang dia sarankan bukan dalam bentuk senjata, tapi anggaran pendidikan agar anak-anak muda Afghanistan mendapat pendidikan yang lebih baik. Sayangnya, lobi yang dilakukan Charlie Wilson kali ini tak bersambut. Di akhir film Charlie Wilson digambarkan tampak kecewa karena upayanya membantu rakyat Afganistan tak bisa dilanjutkan.

Tak hanya kisahnya yang menarik, sebagai tontonan film ini juga sangat menarik. Seperti biasa Tom Hanks berakting sangat meyakinkan sebagai Anggota Kongres, begitu juga dengan Philip Seymour Hoffman. Ada beberapa dialog menarik, seperti kisah master Zen tentang seekor kuda.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait