Tips Mencari Makanan Halal Saat Berwisata ke Luar Negeri

Andira Putri | 21 Maret 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Makanan menjadi salah satu tantangan terbesar wisatawan Indonesia ketika jalan-jalan ke luar negeri. Banyak wisatawan Indonesia, khususnya umat Muslim, ragu mencicipi kuliner suatu negara karena takut tidak halal. Maklum saja budaya luar berbeda dengan Indonesia. Daging serta minyak babi beredar luas di pasaran.

Lantas apa yang harus dilakukan? Apakah Anda seharusnya tidak boleh makan selama pergi ke luar negeri? Jangan khawatir! Anda bisa mencoba tiga tips di bawah ini untuk mencari makanan halal saat berwisata ke luar negeri:

1. Makan di Restoran Asia

Makanan di restoran Asia tentu tidak berbeda jauh dengan masakan Indonesia. Bahan-bahan masakannya familiar begitu pula dengan komposisi bumbu. Masakan di restoran Malaysia atau India kemungkinan besar halal. Namun, hati-hati saat Anda hendak makan Chinese food. "Kalau ke sana, kita bisa langsung tanya 'No pork, no lard (Tidak ada daging atau minyak babi)?'. Pelayan nanti dengan tegas memberi tahu," kata travel blogger Marischka Prudence menceritakan pengalamannya jalan-jalan ke Australia.

2. Gunakan Panduan Gambar

Bertanya kepada pelayan tentang informasi makanan bisa mudah dilakukan di negara berbahasa Inggris. Tetapi, bagaimana ketika Anda berada di negara yang mayoritas penduduknya tidak berbicara bahasa Inggris? Anda bisa menggunakan panduan gambar. Anda tinggal mencari gambar babi di internet kemudian coret dengan garis merah. Kemudian bawa dan tunjukkan gambar saat hendak makan di luar negeri. Pelayan restoran biasanya mengerti apa yang dimaksud dan langsung menampilkan pilihan makanan tanpa daging dan minyak babi.

3. Bawa Makanan Sendiri

Langkah ini bisa disebut paling aman karena Anda sudah tahu bahan-bahan makanan yang hendak disantap. Di samping itu, Anda juga bisa memilih makanan kesukaan untuk dibawa. Pilihlah makanan kering seperti abon dan daging kering sehingga tidak basi dan berbau ketika ditaruh dalam tas. Kemudian beli nasi secukupnya. Langkah ini boleh dibilang irit secara finansial. Anda pun bisa lebih banyak jajan camilan lokal tanpa takut menguras kantong.

Itulah tips mencari makanan halal saat berwisata ke luar negeri. Semuanya tergolong mudah dan bisa langsung dipraktekkan. Selamat jalan-jalan!

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait