Mytha Lestari: Cinta dan Kebodohan Itu Beda Tipis

Wayan Diananto | 30 Januari 2016 | 17:35 WIB

Kamu berbohong, aku pun percaya
Kamu lukai, aku tak peduli
Coba kau pikir di mana ada cinta seperti ini?

TABLOIDBINTANG.COM - Itulah sepenggal lirik lagu “Aku Cuma Punya Hati” karya Badai “Kerispatih” yang meledak beberapa bulan terakhir. Dalam waktu kurang dari setengah tahun, video liriknya di situs YouTube telah ditonton lebih dari 7,5 juta pasang mata.

Video klipnya sendiri dikunjungi lebih dari 3,5 juta kali. Penyuara lagu ini adalah Mytha Lestari (24), jawara ajang pencarian bakat Mamamia di Indosiar, dulu. Mytha telah dewasa. Ia kini ibarat putri galau di industri musik Indonesia. 

“Dari kali pertama saya mendengarkan lagu itu dalam format demo, saya punya firasat lagu ini akan jadi sesuatu. Jujur, lirik lagu ini sebenarnya kisah nyata saya,” cerita Mytha dalam sesi wawancara empat mata di SCBD Jakarta Pusat, Kamis (21/1).

Tragedi itu dialaminya delapan tahun silam. Pada 2007, penggemar Justin Bieber ini menjalin hubungan dengan seorang pria berusia 24 tahun. Kala itu, usia Mytha baru 18. Pria ini pacar keduanya.

“Saat itu saya baru merasakan jatuh cinta yang sejatuh-jatuhnya. Mungkin, dia enam kali lebih 'ahli' ketimbang saya. Mungkin, dia melihat saya masih 'hijau' dan bisa dipermainkan. Dia sepertinya tahu, toh meski disakiti saya akan bertahan dan mencintainya. Memang itulah yang saya lakukan. Saya bertahan meski dia berbohong dan selingkuh,” lanjutnya. 

Setelah 3,5 tahun menjalin kasih, Mytha akhirnya memilih pergi. Momen yang membuatnya terjaga dari mimpi, ketika Mytha memergoki kekasihnya selingkuh (lagi).

Benar kata Raditya Dika, jatuh cinta itu musuhnya akal sehat. Saat itu, otak dan hati belum bisa berkompromi.

Perselingkuhan sang kekasih untuk kesekian kali itu menyadarkan Mytha, benang kesabaran yang dipintalnya tidak menghasilkan sesuatu yang indah. Drama itu acap kali membuatnya bingung hendak berkeluh kesah kepada siapa. 

Jika kesabarannya menemui jalan buntu, Mytha mencurahkan perasaannya di Path. Di apikasi itu, ia berteman dengan Badai. Badai diam-diam menjahit status-status galau ala Mytha menjadi lagu yang sangat perih. Lagu “Aku Cuma Punya Hati” dengan level galau setengah mati itu membius jutaan hati. Lagu itu pula yang kemudian mengajari Myha untuk menjalani cinta selogis mungkin. 

“Untuk menyanyikan lagu itu tidak butuh effort lebih. Cukup mengingat-ingat tragedi sewindu yang lalu. Lagu itu mengingatkan bahwa saya pernah mendapat pelajaran mahal. Jujur, dia cowok yang paling tampan (secara fisik) yang pernah saya miliki,” aku Mytha lalu tersenyum. 

Lirik yang menyayat ini ternyata ditanggapi beragam oleh netizen. “Cinta sama kebodohan itu beda tipis, ya. Padahal dia hanya mau sama kenikmatan kita. Tapi tetap saja kita menganggap ini cinta," Sasuke Uchila mengomentari video lirik Mytha, yang kemudian direspons puluhan orang.

“Bahkan Badai pun sempat bertanya, ‘Cinta mati dan bodoh itu beda tipis. Mytha, sebenarnya kamu itu cinta mati atau memang bodoh, sih?’ Mytha mengenang.

“Aku Cuma Punya Hati” memberi dampak besar bagi karier Mytha. 

(wyn/gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait