RESENSI FILM Jurassic World: Fallen Kingdom, Hadirkan Teror yang Lebih Mencekam

Andira Putri | 6 Juni 2018 | 14:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Para dinosaurus telah kembali! Setelah kesuksesan Jurassic World tahun 2015, sekuel berjudul Jurassic World: Fallen Kingdom pun diproduksi dan ditayangkan di Indonesia mulai Rabu (6/6).

Kisah Jurassic World: Fallen Kingdom berlatar tiga tahun setelah kejadian film pertama. Taman rekreasi serta tempat tinggal para dinosaurus buatan, yaitu Pulau Isla Nubar porak poranda. Tidak ada orang yang mengurusnya usai Indominus rex mengamuk di sana. Kehidupan dinosaurus lain pun terbengkalai.

Khawatir terhadap nasib dinosaurus, pengusaha Eli Mills (Rafe Spall) berniat memindahkan mereka dari Isla Nubar. Eli Mills tidak ingin hasil kreasi pimpinannya Benjamin Lockwood (James Cromwell) terbuang begitu saja.

Eli Mills lalu meminta bantuan mantan pelatih dinosaurus Owen Grady (Chris Pratt) serta manajer taman rekreasi Claire Dearing (Bryce Dallas Howard). Mereka setuju bergabung dalam regu khusus dan mengunjungi Isla Nubar lagi.

Awalnya rencana mereka berjalan lancar. Namun, Owen dan Claire belakangan mengetahui rencana tersembunyi Eli Mills. Sang pengusaha ternyata ingin menjual dinosaurus secara ilegal. Kemudian Eli Mills juga berambisi menciptakan spesies dinosaurus baru yang bisa mengikuti perintah manusia.

Owen dan Claire tidak rela para dinosaurus dieksploitasi. Apalagi Eli Mills turut mengincar Blue, raptor yang dekat dengan Owen. Mereka berusaha menyelamatkan dinosaurus meski harus keluar dari Isla Nubar.

Jurassic World: Fallen Kingdom hadir dengan pendekatan tak biasa. Sutradara J.A. Bayona tidak berusaha menciptakan bencana lebih besar dari Jurassic World layaknya pakem sekuel. Teror justru digambarkan dalam skala tergolong kecil.

Skala kecil tergambar dari pemilihan latar belakang, konflik hingga dinosaurus yang menjadi musuh utama. Meski begitu, terornya tetap menggigit karena terasa dekat dengan keseharian. Betapa mencekamnya dinosaurus saat masuk kamar atau muncul di atap rumah.

Nuansa mencekam turut didukung oleh tata kamera apik dari Oscar Faura dan musik dramatis dari Michael Giacchino. Pendekatan kecil ini membuat teror Jurassic World: Fallen Kingdom terbilang segar. Akan tetapi beberapa cabang cerita berpotensi membuat penonton bosan saat pertengahan film. Chemistry Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard pun nampak kurang dieksplorasi, walau tetap terlihat seru.

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait