Kiat Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Diboyong Mudik

Indra Kurniawan | 9 April 2024 | 16:00 WIB
TABLOIDBINTANG.COM - Lebaran sebentar lagi, saatnya merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta di kampung halaman.
Pemerintah telah menetapkan tanggal cuti bersama dari 8 April 2024 hingga 15 April 2024. Untuk Anda yang hendak berlebaran di kampung halaman, tak perlu pusing lagi menentukan kapan mudik dan balik.
Apalagi sekarang banyak aplikasi yang memungkinkan Anda mencari tiket pesawat, tiket kereta api, dan juga tiket bus untuk mudik bersama si kecil.
Jika buah hati Anda masih di bawah lima tahun, ada sejumlah kiat agar ia tidak rewel dalam perjalanan. Kiat disesuaikan dengan moda transportasi yang Anda gunakan. 
Jika menumpang pesawat terbang dan Anda masih menyusui, jangan anggap ini merepotkan. Justru ini poin menguntungkan.
Untuk menghindari tekanan pada telinga bayi yang bisa membuat rewel, Anda dapat menyusui saat pesawat lepas landas dan mendarat.
Selain itu sediakan headphone untuk menutup telinga si kecil dari tekanan ketinggian. Agar lebih nyaman, jangan membawa barang terlalu banyak.
Simpan satu tas berisi keperluan bayi seperti makanan, popok, dan mainan di bawah tempat duduk agar mudah dijangkau sewaktu-waktu.
Jika menggunakan kereta api, pilih tempat duduk di sisi jendela supaya bayi dapat menikmati pemandangan dari balik jendela kereta. 
Rencanakan kendaraan berikutnya setelah turun dari kereta api, apakah perlu memesan taksi atau sudah ada mobil sewaan yang menanti.
Jika menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil, siapkan kursi bayi (baby seat). Kursi bayi dapat membuat si kecil nyaman karena ukuran dan posisi yang pas. 
Beberapa kursi bayi saat ini telah memenuhi standar keamanan. Perhatikan pula kaca mobil Anda. Kaca mobil yang gelap dapat menghindari kulit dan mata bayi dari paparan sinar matahari langsung.
Terakhir dan tak kalah penting buat yang mudik dengan mobil pribadi, pastikan mobil dalam keadaan sejuk sehingga bayi tidak rewel karena kegerahan. 
Musik-musik ramah anak juga bisa membuat bayi menikmati perjalanan selama belasan jam. Memberi tontonan yang sesuai dengan usia juga dapat mengalihkan perhatian si kecil dan membuatnya lebih tenang.
Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Supriyanto
Berita Terkait