Cara Mengobati Eksem Pada Bayi Tanpa Obat Kimia

Carisya Nuramadea | 25 April 2017 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Si Kecil merasa tidak nyaman karena kulitnya mengalami eksem? Dilansir dalam Rodales’ Organic Life, berikut cara mengatasi eksem si kecil tanpa harus memakai obat-obatan adalah dengan menggunakan gandum/oats.

Dermatitis atopik yang merupakan eksem yang biasa dialami bayi, biasanya memiliki ciri-ciri: kulit kasar, kemerahan, bersisik dan bentol. Eksema bisa disebabkan karena faktor lingkungan dan kulit kering. Kulit bayi tidak memiliki kemampuan yang sama seperti kulit orang dewasa dalam menjaga kelembapannya. Rendahnya sistem imun juga berpengaruh terhadap terjadi eksem.

Pediatrisian sering meresepkan krim steroid seperti hydrocortisone untuk mengobati ruam. Terlalu banyak menggunakan krim itu membuat kulit menjadi tipis, muncul stretch marks, dan gangguan kulit lainnya.

Karena itu, jika Anda ragu menggunakan krim steroid, cobalah dengan oats atau gandum. Oat yang dipakai bukan untuk sarapan, melainkan oat koloid atau gandum koloid yang dicampurkan dengan air. Oat mengandung anti-peradangan yang dapat mengurangi gatal, rasa tersengat, dan radang pada kulit bayi. Anda juga bisa menaburkan gandum koloid langsung ke bak mandi bayi Anda yang sudah terisi air hangat.

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait