Menteri Susi Pudjiastuti Masuk Daftar Wanita Paling Inspiratif & Inovatif 2017

Andira Putri | 6 Oktober 2017 | 21:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali mengukir prestasi. Susi Pudjiastuti sukses menjadi salah satu dari 100 Wanita Paling Inspiratif dan Inovatif 2017 versi BBC.

BBC menggambarkan Susi Pudjiastuti sebagai sosok langka di kancah politik Indonesia. Bagaimana tidak, Susi Pudjiastuti kerap melakukan berbagai macam kebijakan tegas terkait kelautan dan perikanan di Indonesia. Contohnya adalah menenggelamkan kapal pencuri ikan.

"Indonesia tidak pernah memiliki figur politik seperti Susi Pudjiastuti. Menteri Kelautan dan Perikanan ini adalah seorang perempuan bertato yang drop out dari SMA kemudian menjadi pebisnis perempuan. Dia memimpin tindakan keras dan sulit terhadap penangkapan ikan ilegal serta tidak berkelanjutan. Ratusan kapal telah diledakan atas perintahnya," kata Rebecca Henschke selaku perwakilan BBC pada Kamis (5/10).

Selain politikus, BBC juga menyebut Susi Pudjiastuti sebagai ikon budaya pop. Sosok Menteri Kelautan dan Perikanan ini kerap menjadi objek lukisan dalam berbagai media.

"Sekarang, gaya terus terang telah membuatnya menjadi ikon budaya pop. Ibu Pudjiastuti telah dilukis sebagai Superwoman dalam lukisan dinding publik, digambarkan sebagai setengah putri duyung-pendekar dan action figure komik manga," lanjut Rebecca Henschke.

Tidak lupa, BBC menyertakan salah satu pernyataan Susi Pudjiastuti terkait kesetaraan gender. Menurut Susi Pudjiastuti, kesetaraan gender harus dimulai dari dalam pikiran.

"Kamu harus menghilangkan batasan dari pikiranmu terlebih dahulu. Laki-laki dan perempuan setara, bersikaplah seperti itu. Jika kamu masih sibuk membicarakan perbedaan gender, kamu tidak bisa maju," ujar Susi Pudjiastuti.

(dira/yb)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait