Tak Perlu Membeli, Pengharum Ruangan Bisa Dibuat Sendiri dari Bahan Alami Ini

Yuriantin | 21 Agustus 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berdasarkan penelitian terbaru, pengharum ruangan yang dijual di pasaran kebanyakan mengandung zat kimia berbahaya. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat sendiri pengharum ruangan.

Bahan-bahan yang alami dan berasal dari buah, lebih menjamin kesehatan Anda. Tentunya, pengharum ruangan buatan ini juga tidak kalah efektif dibanding pengharum ruangan yang banyak dijual.

Berikut beberapa pilihan pengharum alami yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari laman Brit+Co:

Pengharum dari rempah-rempah

Masukkan 2 buah lemon, 2 tangkai rosemary, dan 2 sendok teh bubuk vanilla ke dalam 2 liter air. Didihkan campuran tersebut, lalu masak dengan api kecil. Setelah air menguap dan berkurang, tambahkan sedikit air. Ruangan Anda akan diliputi wangi dari bahan-bahan alami tersebut. Setelahnya, masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam kulkas dan masak dengan api kecil setiap Anda ingin mengharumkan ruangan. Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan jeruk nipis, daun mint ataupun jahe, atau Anda bisa menambahkan kayu manis.

Pengharum dari kulit jeruk

Potong jeruk nipis menjadi dua (Anda bisa menggunakan lemon atau jeruk). Korek daging buah dengan pisau atau sendok dan masukkan garam laut hingga memenuhi setengah kulit buah. Garam laut digunakan karena bisa melepaskan wangi buah untk menggantikan bau tidak sedap. Setelahnya, masukkan rempah-rempah seperti daun basil di kulit jeruk, daun mint di jeruk nipis, dan cengkeh di lemon. Kemudian, tinggal letakkan kulit buah tersebut pada ruangan. Ganti dengan kulit buah baru setelah beberapa hari.

Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengusir bau tidak sedap di kamar mandi atau tempat sampah. Masukkan kulit jeruk dalam loyang muffin atau cetakan es batu dan tuang cuka hingga penuh. Bekukan dan masukkan kulit jeruk yang telah beku ke dalam wadah yang tertutup. Untuk menggunakannya, letakkan kulit jeruk ke dalam tempat sampah dan rumah Anda pun akan terbebas dari abu tidak sedap.

Pengharum dari minyak esensial

Tuang minyak esensial dan minyak bayi (essential oil) ke dalam vas. Tempelkan selotip bermotif pada ujung tusuk bambu dan lipat bagian ujung selotip. Potong bagian selotip hingga berbentuk seperti bendera. Masukkan tusuk bambu ke dalam vas dan ikat tusuk bambu tersebut dengan pita.

 

(yuri)

 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait