Cara Mencuci Sayuran yang Benar agar Terbebas dari Pestisida dan Bakteri

aura.co.id | 7 Oktober 2020 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebelum memasak, biasanya Anda disarankan untuk mencuci sayuran agar terbebas dari pestisida dan bakteri. Membilas sayuran selama 30 detik dan merendamnya selama 15 menit, lalu membilasnya kembali bisa membebaskan sayuran dari sisa pestisida.

Gosok sayuran terutama pada bagian bawah batang sayuran. Sedangkan untuk sayuran berakar seperti wortel dan kentang, sebaiknya digosok sembari dibilas (berada di bawah aliran air) atau gosok sayuran di dalam baskom berisi air sebelum membilas dan merendamnya. Mengupas kulit sayuran merupakan salah satu cara untuk menghindari kadar pestisida dalam sayuran.

Sedangkan untuk jamur, Anda bisa mencucinya di bawah aliran air dan segera keringkan setelahnya. Atau Anda bisa mengelapnya dengan lap yang sedikit basah seperti dilansir laman Simply Her.

Anda bisa menggunakan air yang terdistilasi untuk mencuci sayuran karena suatu penelitian menunjukkan bahwa air terdistilasi lebih efektif menghilangkan pestisida dibanding beberapa cairan pencuci sayuran. Air bersih yang segar bisa menjadi alternatif bagi air terdistilasi.

Hal yang sama bisa diterapkan pada buah-buahan citrus. Karena kulit bauh citrus kemungkinan mengandung lilin tebal yang disemprotkan para produsen untuk menjaga buah tetap segar. Solusinya, gosok dan bilas buah citrus atau rendamlah di dalam air hangat.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait