Anak Tidak Suka Sayuran? Bisa Jadi Faktor Genetika Penyebabnya

Rizki Adis Abeba | 16 November 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anda pasti tahu bahwa sayuran membawa banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Namun, sebagian orang, terutama anak-anak, menganggap sayur-sayuran adalah makanan yang tidak enak dan sangat menyiksa. 

Bagi Anda yang menyukai sayuran, Anda mungkin tidak habis pikir mengapa ada orang yang begitu membenci sayuran? Namun ada alasan ilmiah yang membuat sebagian orang sulit menerima rasa sayur-sayuran.

Ternyata ada gen tertentu yang membuat beberapa senyawa makanan terasa lebih pahit daripada orang kebanyakan, sehingga membuat mereka lebih sensitif terhadap rasa pahit di dalam sayuran. Hal ini diungkapkan dalam penelitian terbaru yang akan dipresentasikan di Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika 2019 pada 16-18 November di Philadelphia, AS.

“Genetika Anda memengaruhi cara Anda merasakan (makanan), dan rasa adalah faktor penting dalam pilihan makanan,” kata Jennifer L. Smith, Ph.D., RN, penulis studi dan rekan pascadoktoral dalam ilmu kardiovaskular di Fakultas Kedokteran Universitas Kentucky di Lexington, AS. 

Namun demikian ketidaksukaan seorang anak terhadap sayur-sayuran bisa juga dipicu hal lain, misalnya soal kebiasaan makan dan variasi yang kurang menggugah selera. Ini sebabnya orang tua tetap dianjurkan untuk memperkenalkan anak pada sebanyak mungkin jenis sayuran sejak dini agar mereka semakin mahir mentoleransi rasa sayuran di dalam indera perasa. 

(riz)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait