Mengenang Olivia Newton-John dan Film Grease yang Dibintangi Bersama John Travolta

Redaksi | 9 Agustus 2022 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penyanyi legendaris Olivia Newton-John meninggal dunia di usia 73 tahun pada 8 Agustus 2022. Wanita kelahiran 26 September 1948 ini cukup lama berjuang dengan penyakit kanker payudara. Dame Olivia Newton-John meninggal dengan tenang di Peternakannya di California Selatan pagi ini, dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman, begitu bunyi pemberitahuan di akun Instagram Olivia Newton-John.

Lahir di Inggris tapi kemudian pindah ke Australia, sebagai penyanyi dan aktris karier internasional Olivia Newton-John melambung setelah membintangi film adaptasi musikal Broadway, Grease pada 1978. Dia mendapat tawaran untuk memerankan karakter Sandy, tokoh utama wanita di film itu, setelah bertemu produser Allan Carr di sebuah pesta makan malam. Saat mendapat tawaran itu dia tak langsung mengiyakan. Dia merasa sudah terlalu tua untuk berperan sebagai siswa sekolah menengah atas seperti karakter Sandy yang digambarkan dalam film itu. Saat itu Olivia Newton-John memang sudah berusia 28 tahun. Selain soal usia, juga ada problem lain. Soal aksen. Demi mengakomodasi aksen Australia Olivia Newton-John, sampai-sampai karakter Sandy Dumbrowski yang diceritakan asli Amerika di versi dramanya, diubah menjadi Sandy Olsson, seorang gadis Australia yang tengah berlibur di Amerika dan kemudian pindah ke bersama keluarganya. 

Sejarah kemudian mencatat, film Grease yang dibintangi Olivia Newton-John bersama John Travolta, menjadi menjadi box-office terbesar di tahun 1978. Dirilis pada 16 Juni 1978, Grease meraih sukses besar baik di mata kritikus maupun komersial. Grease menjadi film musikal dengan pendapatan tertinggi pada saat itu. Album soundtrack-nya juga menjadi album terlaris kedua di Amerika Serikat, di belakang soundtrack film laris Saturday Night Fever yang juga dibintangi John Travolta. Sekuelnya, Grease 2, dirilis pada 1982, dibintangi Maxwell Caulfield dan Michelle Pfeiffer. 

Saat filmnya sukses mendatangkan remaja berbondong-bondong ke bioskop, album soundtrack-nya juga merajai tangga lagu di radio. Grease: The Original Soundtrack, soundtrack film Grease, awalnya dirilis oleh RSO Records dan kemudian diterbitkan kembali oleh Polydor Records antara tahun 1984 dan 1991. Album ini telah terjual sekitar 28 juta kopi di seluruh dunia, menjadi salah satu album terlaris sepanjang masa. Lagu You're the One That I Want menjadi No 1 AS dan Inggris. Selain John Travolta dan Olivia Newton-John, album soundtrack film ini juga menampilkan grup rock and roll Sha Na Na serta lagu hit Grease, sebuah lagu yang ditulis Barry Gibb (personel kelompok Bee Gees) dan dinyanyikan Frankie Valli (dari The Four Seasons), dan menjadi lagu nomor satu di Amerika.

Popularitas film Grease juga lagu-lagunya bertahan selama bertahun-tahun kemudian. Sampai sekarang kita masih sering mendengar lagu dari film ini diputar atau dinyanyikan di berbagai panggung. Selama bertahun-tahun kemudian Olivia Newton-John (dan John Travolta) masih selalu diindentikkan dengan film ini. Di masa saja Olivia Newton-John dan John Travolta bertemu, teriakan agar mereka menyanyikan lagu-lagu di film Grease, selalu berkumandang. Poster film Grease yang menampilkan Olivia Newton-John dan John Travolta juga menjadi salah satu poster film paling ikonik. Kita masih dengan mudah menemukan poster film ini di banyak tempat. Saat dirilis ulang untuk merayakan ulang tahun ke-20 pada tahun 1998, Grease masih menduduki peringkat sebagai film kedua dengan pendapatan kotor tertinggi di belakang Titanic pada akhir pekan pembukaannya.

Kini Olivia Newton-John, penyanyi legendaris itu telah berpulang. Terima kasih untuk kenangan dan lagu-lagu indah yang pernah dia nyanyikan. RIP Olivia Newton-John.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait