Soal Tudingan Tak Kredibel Jadi Moderator Debat, Ini Kata Ira Koesno

TEMPO | 10 Januari 2019 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ira Koesno menjawab tudingan terkait kredibilitasnya sebagai moderator debat capres pertama Pilpres 2019. Ira Koesno lebih memilih tak menanggapi saat isu tersebut sedang berkembang di publik. "Bukan saya tak menganggap itu sesuatu yang penting, tapi saya tak mau memancing polemik yang lebih besar," ujar Ira Koesno setelah rapat dengan Komisi Pemilihan Umum di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

Ira Koesno yang bernama lengkap Dwi Noviratri Koesno ini pernah menjadi anchor di stasiun televisi Surca Citra Televisi (SCTV). Dia akan menjadi moderator bersama Imam Priyono dalam debat capres bertemakan isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme di Hotel Bidakara, Jakarta. Terpilihnya Ira Koesno menjadi moderator debat capres pertama yang akan diselenggarakan 17 Januari mendatang memicu kontroversi. Perempuan yang genap berusia 50 tahun pada tahun depan ini disebut memiliki rekam jejak yang kurang baik sebagai moderator.

Saat pemilihan dirinya menjadi moderator memicu kontroversi, Ira Koesno lebih memilih menahan diri untuk tak berkomentar. Saat itu, dirinya lebih banyak memonitor isu yang tengah berkembang di publik ini. "Saya juga melihat situasi," katanya. Menurutnya, isu kontroversi dirinya sebagai moderator ini memang sempat berkembang. Namun, ucap dia, isu itu kemudian tak semakin besar. "Kalau itu secara terus membesar berarti saya harus lakukan sesuatu. Tapi kalau kemudian itu itu ternyata menurun atau biasa saja berarti tidak usah harus masuk ke sana," ucapnya.

Ira Koesno menilai pro dan kontra tentang penunjukan dirinya sebagai moderator debat ini merupakan hal yang wajar. Meski demikian, dia tetap menegaskan akan bersikap netral sebagai moderator debat pertama Pilpres 2019 ini. "Selalu ada pro dan kontra, ya. Kita tak bisa membuat semua orang suka kepada kita," kata dia

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief sebelumnya mengatakan rekam jejak kurang baik dari Ira Kusno pernah terjadi pada debat Pilkada DKI. Dia menilai Ira pernah berlaku tak adil dalam debat tahun 2017 tersebut. "Dia melakukan apa yang bukan tugasnya sebagai moderator. Dia seperti ditugaskan untuk memberi kesan negatif pada salah satu paslon," kata Andi dalam keterangan tertulis, 29 Desember 2018.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait