Bikin Rambut Sehat, Ini 4 Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami 

Vallesca Souisa | 24 November 2022 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rambut rontok adalah kondisi yang biasa terjadi pada siapa saja. Normalnya, dalam sehari ada sekitar kurang lebih 50 rambut yang rontok. Tapi jika jumlahnya lebih dari 100 helai perhari dan rontok terus-menerus, hal ini sudah berlebihan dan patut diwaspadai. Umumnya kerontokan disebabkan karena perubahan hormon dan kulit kepala yang berketombe tanpa ditangani dengan baik. 

Meski bisa ditangani secara medis dengan terapi laser, obat, prosedur transplantasi rambut yang mahal hingga rela menggunakan pinjaman online, ada banyak cara alami yang efektif untuk mengatasi rambut rontok dan bisa kamu coba di rumah. Mulai dari cara-cara sederhana menggunakan bahan alami, menggunakan shampoo tanpa SLS atau memperbaiki asupan nutrisi agar akar rambut semakin kuat dan menambah pertumbuhan rambut. Bagaimana cara mengatasi rambut rontok yang berlebihan? Yuk, simak tips dibawah ini.

Tips Mengatasi Rambut Rontok

1. Tidak Keramas Terlalu Sering

Banyak orang yang mengira bahwa keramas setiap hari bisa membuat rambut tetap sehat. Padahal, keramas terlalu sering akan menyebabkan rambut kering, rusak, mudah patah, dan rontok. 

Selain itu, menggosok rambut secara kencang dengan menggunakan handuk saat mengeringkannya juga bisa membuat rambut berisiko mengalami kerontokan.  

Jadi, agar rambut tak mudah rontok, sebaiknya keramas 1–3 kali dalam seminggu dan keringkan rambut secara lembut dengan handuk. Untuk mencegah kerontokan rambut, pastikan kamu juga membilas rambut hingga bersih setelah keramas dengan shampo. Ini agar kulit kepala bebas dari sisa shampoo yang menempel dan tidak memicu munculnya ketombe.

2. Lakukan Pijat Kepala

Mengurangi rambut rontok bisa kamu lakukan dengan memijat kepala setelah selesai keramas. Hal ini agar aliran darah yang menuju ke kepala menjadi lancar. Begitu åun ksigen dan nutrisi penting yang diperlukan folikel rambut. 

Kamu bisa melakukan pijat kepala dengan menggunakan ujung jari mulai dari tepi rambut menuju ke belakang dan tengah kepala. Kemudian pijat lagi mengarah ke belakang kepala dengan lembut dan tekanan yang konsisten. 

Lakukan pijatan kepala ini setelah keramas selama kurang lebih lima menit dengan gerakan yang memutar. Keringkan rambut dengan handuk dan pastikan kamu tidak berbagi sisir, handuk ataupun aksesoris kepala dengan orang lain. 

Meski kerontokan rambut tidak menular, namun jamur yang menyebabkan ketombe bisa ditularkan lewat barang-barang itu. 

3. Pola Hidup Sehat

Beberapa penyakit, seperti anemia dan malnutrisi bisa menyebabkan rambut rontok. Selain penyakit, stres berlebih juga bisa memicu kerontokan rambut. Karena itu, cobalah untuk melakukan pola hidup sehat. 

Mulai dari mengurangi stres, olahraga rutin, meditasi, dan tidur yang cukup. Lakukan olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit agar aliran darah ke seluruh bagian tubuh menjadi lancar.

Jika aliran darah lancar, maka kebutuhan oksigen untuk kulit kepala bisa terpenuhi dan sel-sel yang rusak pada folikel rambut bisa diperbaiki. Hal ini akan membuat akar rambut tumbuh jadi lebih kuat. 

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein, vitamin B3 dan antioksidan. Agar mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya hindari fastfood atau makanan cepat saji ya.

4. Gunakan Shampoo Non SLS

Merawat rambut rontok tidak bisa asal-asalan. Rambut membutuhkan produk-produk bernutrisi dan berkualitas. Salah satunya shampoo non SLS yang mampu menjaga rambut agar tetap sehat. 

SLS adalah bahan kimia yang mengeluarkan busa pada sabun atau sampo sehingga bisa punya kemampuan membersihkan. Namun, kandungan SLS pada shampo bisa menyebabkan rambut rontok, kulit kepala kering, kerusakan rambut dan iritasi. 

Jadi, agar rambut tetap kuat dan sehat, sebaiknya gunakan shampoo tanpa SLS ya. Beli Shampoo di Shopee dengan SPinjam

Itulah 4 tips mengatasi rambut rontok secara alami yang perlu kamu tahu. Apapun shampoo pilihanmu, kamu bisa membelinya di Shopee. Jika kamu sudah membutuhkan produk perawatan rambut rontok tapi belum punya uang cash, kamu bisa menggunakan pinjaman online. Salah satunya dengan fitur SPinjam dari Shopee di mana kamu bisa mengajukan pinjaman dana hingga Rp 12 Juta dan cair hari ini!

Agar belanja jadi makin hemat, kamu juga bisa memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale pada 14 November-12 Desember 2022! Ada promo Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon hingga 90%, dan Rezeki Nama Diskon hingga 50RB yang bisa memuat  belanja kamu jadi terasa semakin menguntungkan.Yuk, dapatkan produk perawatan rambut di Shopee sekarang juga!

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait