Cara Main Game di Laptop Tanpa Download dengan Cloud Gaming

Ari Kurniawan | 24 Mei 2023 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apakah Anda suka bermain game online, tetapi kapasitas perangkat tidak memadai untuk mengunduh aplikasi tersebut? Kini, tidak perlu khawatir lagi karena ada layanan cloud gaming yang akan memfasilitasi aktivitas gaming Anda.

Sudah banyak platform game streaming berbasis cloud sediakan layanan untuk setiap user agar bisa mengakses game tanpa harus menginstallnya. Selama memiliki koneksi internet kencang, Anda sudah bisa bermain game dengan lancar bersama rekan-rekan lainnya.

Cloud gaming atau biasa dikenal dengan istilah gaming as a service (GaaS) adalah sebuah layanan teknologi di mana user dapat dimainkan game secara online tanpa perlu mengunduhnya di perangkat yang dimiliki. Dengan kata lain, layanan ini tidak berpengaruh terhadap spesifikasi perangkat apakah memadai atau tidak.

Layanan ini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Latar belakangnya disebabkan karena peningkatan kecepatan koneksi internet. Ditambah lagi adanya peningkatan kebutuhan untuk mengakses game online tanpa perlu mengunduhnya langsung.

Dalam layanan ini, game dijalankan oleh server yang berada di cloud. Operasional game tersebut kemudian diolah dan diproses ke perangkat user melalui jaringan internet. Karena berbasis internet, user perlu memastikan jaringan stabil dan cepat untuk bisa memainkan game online.

Internet kuat dan stabil akan memberikan kualitas grafis yang tinggi setara dengan permainan yang diinstall di perangkat. Beberapa perusahaan dengan layanan ini antara lain adalah Google Stadia, Amazon Luna, Microsoft xCloud, dan lain sebagainya.

Berikut ada beberapa cara main game di laptop tanpa download dengan cloud gaming yang bisa diakses oleh siapa saja:

1. Mengakses situs melalui laman pencarian

Cara pertama adalah dengan mengakses situs cloud gaming di laman pencarian seperti Google. Beberapa situs yang bisa diakses seperti plays.org, arkadium.com, agame.com, dan masih banyak lagi.

Setelah itu, akan muncul tampilan pilihan game online yang bisa dimainkan. Ada beragam jenis permainan yang bisa dipilih sesuai dengan kategorinya, seperti kategori game terkenal, permainan ringan, permainan baru, dan lain-lain

2. Gunakan layanan dari provider internet

Cara berikutnya adalah menggunakan paket internet cepat dari provider terbaik seperti First Media. Ada layanan bernama Game Xpert khusus bagi Anda yang tertarik bermain game dengan koneksi optimal.

Agar aktivitas berjalan dengan lancar, ada beberapa tips dan trik bermain game dengan cloud gaming yang bisa diterapkan:

A. Pastikan jaringan internet stabil dan cepat

Jaringan internet stabil dan cepat berperan penting pada keberjalanan layanan. Anda tentu tidak ingin mengalami lagging saat asyik bermain, bukan? Maka dari itu, pastikan memiliki koneksi internet cepat sebelum mulai bermain game.

B. Pilih layanan cloud gaming sesuai kebutuhan

Sekarang ini sudah banyak layanan cloud gaming yang bisa diakses dengan mudah. Pilihlah layanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa memilih layanan dengan game-game tertentu sesuai kesukaan Anda.

Kini Anda sudah tahu cara main game di laptop tanpa download dengan cloud gaming. Sudahkah Anda mencobanya? Jika belum, ini saat yang tepat untuk merasakan pengalaman baru ditambah dengan menggunakan layanan optimal dari provider internet seperti First Media. Mainkan game online kesukaan Anda dari perangkat manapun tanpa batas.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait