Batasi Penggunaan Gadget, Begini Cara Franda Tingkatkan Kreativitas Anak

Ari Kurniawan | 29 November 2023 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Franda punya cara tersendiri untuk membatasi anak bermain gadget di rumah. Salah satunya dengan membiarkan anak bereksplorasi bermain warna dengan menggambar maupun mewarnai.

“Sebagai orangtua, kita harus mendukung minat anak-anak terhadap warna dan mengembangkannya ke arah yang positif,” ujar Franda, ditemui di peresmian Dulux experience store pertama di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (27/11).

Franda memberikan ruang anak-anaknya untuk berkreasi, sekalipun sesekali dinding rumah menjadi sasaran coretan menggambar anak-anaknya.

“Aku memberikan kebebasan anak eksplor, karena kalau apa-apa dibatasi nanti dia gak mau berkreasi,” ungkap istri dari aktor Samuel Zylgwyn ini.

Franda. (Tabloidbintang.com)

Mantan finalis MTV VJ Hunt 2007 ini membebaskan anak memilih warna sesuai keinginannya, mulai dari pemilihan warna dalam mewarnai gambar, berpakaian, membeli perlengkapan sekolah, hingga mendekorasi kamar tidur mereka.

“Sekarang anak aku Vechia sudah bisa pilih warna baju sendiri, dan sekarang juga aku kan lagi bangun rumah di Bali, aku sudah mulai tanya-tanya Vechia mau dekorasi kamarnya seperti apa,” kata Franda.

Franda bercerita, untuk urusan cat rumah barunya, ia lebih sering  turun tangan langsung untuk memilih warna yang tepat, nyaman dan aman untuk keluarganya.

“Pemilihan warna cat itu saya yang pilih, biasanya kalau cowok kan engga begitu aware sama warna. Dengan warna warni dulux, saya dan anak-anak memiliki pilihan warna yang beragam untuk dinding rumah yang mudah dibersihkan dan memiliki formula anti-bakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri di permukaan dinding menjadikan saya lebih tenang ketika anak-anak berkreasi dan beraktivitas,” ujarnya.

Tak hanya itu, bagi Franda, ia juga melibatkan anak untuk berkreasi dan sudah bisa dilakukan sejak dini. Ini dilakukan agar anak bisa melakukan aktivitas yang bermanfaat. “Jadi anak engga main gadget mulu, Vechia juga suka ikutan aku masak memasak dari kecil,” tuturnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait