Kunjungi Kampus hingga Penjara di Inggris, Oki Setiana Dewi Ceritakan Wajah Islam di Indonesia

Ari Kurniawan | 3 Desember 2023 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ustazah Oki Setiana Dewi baru-baru ini mendapat kesempatan untuk berdakwah ke berbagai komunitas di Inggris. 

Program tersebut merupakan kerja sama antara Pemprov Jabar dengan British Council, juga dengan Minhaj yang merupakan sebuah organisasi di UK. Kakak Ria Ricis itu diundang oleh mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Jadi Pak Ridwan Kamil membuat program bernama English For Ulama, yakmi pengiriman dai dari Indonesia untuk berceramah ke Inggris, Amerika, dan ke negara-nagara lain berbahasa Inggris," jelas Oki Setiana Dewi.

Bersama tiga pendakwah lainnya, Oki Setiana Dewi mengunjungi parlemen, universitas, sekolah, penjara, dan komunitas muslim lainnya untuk menceritakan bagaimana Islam di Indonesia.

"Saya memperkenalkan wajah Islam Indonesia yang ramah tamah, yang santun, yang toleran, ke dunia internasional," ujarnya.

Salah satu pengalaman yang cukup berkesan bagi Oki Setiana Dewi adalah saat bisa bertemu langsung dengan salah satu menteri yang mengurusi kebebasan beragama di sana. 

(Dok.Istimewa)

Di hadapan menteri bernama Fiona Bruce itu Oki Setiana Dewi menyampaikan bahwa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang menjadi perekat atas segala perbedaan yang ada di tengah masyarakat.

"Di situ beliau juga takjub bahwa negara seperti Indonesia betul-betul sangat memperhatikan tentang keberagaman tapi tetap bersatu, punya spirit untuk berbeda tetap satu jiwa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Oki Setiana Dewi juga berkesempatan mengunjungi dialog yang dihadiri oleh ummat bermacam agama. Dialog tersebut membahas bagaimana agar bisa hidup secara rukun dan harmonis.

Ini bukanlah program pertama yang dijalani Oki Setiana Dewi. Pada 2017 silam dirinya pernah mengikuti program pertukaran Dai ke Jerman dan Australia.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait