Gibran Rakabuming Raka Bawa Kota Solo Memasuki Era Digital

Ari Kurniawan | 10 Desember 2023 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gibran Rakabuming Raka mencatatkan sejumlah prestasi yang mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin progresif dalam membawa kota Solo masuk ke dalam era digital yang terus berkembang. 

Wali Kota Solo dan Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto itu mengukir perubahan signifikan, membuktikan bahwa modernitas dan efisiensi dapat dicapai melalui penerapan teknologi dalam tata kelola pemerintahan.

Integrasi teknologi era digital dalam pemerintahan dapat memberi manfaat dalam pelayanan publik dan juga masyarakat. Sebagai kandidat pemimpin Indonesia, prestasi nya merupakan bukti sosok tersebut bisa merealisasikan kemajuan Indonesia.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Dok.Istimewa)

Prestasi paling mencolok yang diambil oleh Gibran adalah pendirian "Pusat Layanan Digital Kota Surakarta". Platform daring ini menawarkan akses cepat dan mudah kepada warga untuk berbagai layanan kota, mulai dari perizinan usaha hingga pengajuan izin membangun.

Dengan demikian, warga Solo kini dapat mengurus keperluan administratif mereka secara online, memotong birokrasi yang lambat dan memberikan kenyamanan serta efisiensi.

Gibran juga memperkenalkan program "Smart City Surakarta," sebuah inisiatif yang memanfaatkan sensor pintar dan data analitik. 

Melalui teknologi ini, pemerintah kota dapat memantau lalu lintas, kebersihan, dan keamanan dengan lebih akurat. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi layanan kota, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi warga Surakarta.

Inisiatif ini menciptakan kesempatan setara bagi setiap anak untuk mengakses pendidikan berkualitas, mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Keberhasilan Gibran dalam membawa Solo ke era digital tidak lepas dari kolaborasinya dengan sektor swasta dan dunia startup. 

Kemitraan yang dibangunnya dengan perusahaan teknologi dan pelaku bisnis inovatif telah membentuk ekosistem digital yang dinamis di Solo, membuka peluang baru dalam hal lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang berbasis teknologi.

"Era digital adalah era kolaborasi, termasuk saya terbuka dengan perusahaan e-commerce," kata Gibran pada Seminar Nasional bertajuk Tantangan Milenial Merebut Peluang Akses Pembiayaan Dalam Ekosistem UMKM dan Ekonomi Hijau yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Solo, Selasa (28 Desember 2021).

Prestasi-prestasi ini mencerminkan komitmen Gibran Rakabuming Raka dalam menjadikan Solo sebagai kota yang tidak hanya maju dalam segi teknologi, tetapi juga memastikan pelayanan yang lebih baik dan kesejahteraan bagi warganya. Dengan kepemimpinan yang inovatif, Gibran terus memimpin Surakarta menuju masa depan yang modern dan berkelanjutan.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait