Survei Populi Center Terbaru: Elektabilitas Prabowo-Gibran Teratas 

Ari Kurniawan | 11 Desember 2023 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei  elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk pemilihan presiden 2024. Survei dilakukan pada periode 28 November hingga 5 Desember 2023, melibatkan 1200 responden, dengan tingkat toleransi kesalahan sekitar 2,83 persen, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Hasil survei tersebut menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibandingkan dengan calon pasangan lain. Prabowo-Gibran meraih dukungan sebesar 46,7 persen, sementara pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin mendapatkan hasil imbang dengan 21,7 persen.

Sebanyak 8,1 persen responden menyatakan belum menentukan pilihan, sementara 1,8 persen memilih untuk tidak menjawab. Angka elektabilitas yang tinggi ini menunjukkan peningkatan signifikan dari survei sebelumnya pada November 2023, di mana Prabowo-Gibran memperoleh 35,1 persen.

Menurut analisis survei Populi Center, peningkatan suara untuk Prabowo-Gibran terutama berasal dari pendukung di Pulau Sumatera. Pada November, dukungan dari pemilih Sumatera sebesar 39,6 persen, tetapi meningkat menjadi 50,8 persen dalam survei terbaru. Selain Sumatera, suara Prabowo-Gibran juga meningkat di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Prabowo-Gibran meraih dukungan sebesar 46,7 persen responden (Dok.Istimewa)

"Dukungan terhadap Prabowo dari pemilih Sumatera pada November sebesar 39,6 persen, namun kini suaranya meningkat menjadi 50,8 persen," ucap analisis Populi Center, Senin (11/12).

Di Jawa Barat, dukungan untuk Prabowo-Gibran naik dari 43,3 persen menjadi 51 persen. Sementara di Jawa Tengah dan Jawa Timur, terjadi kenaikan dari 39,1 persen menjadi 44,3 persen. Hasil survei ini memberikan gambaran tentang tren positif bagi pasangan Prabowo-Gibran menjelang pemilihan presiden.

Di samping pertumbuhan dukungan, pasangan Prabowo-Gibran juga mencatat penurunan di wilayah Timur, dari 50,3 persen menjadi 40 persen.

"Meski demikian, Prabowo-Gibran masih unggul di wilayah ini dibandingkan dengan dua pasang calon lainnya," ucapnya.

Selain aspek elektabilitas, hasil survei populi center kali ini menunjukkan bahwa 70,3 persen responden yakin bahwa Pemilihan Presiden 2024 akan diselesaikan dalam satu putaran saja.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait