Anies-Sandi Dilantik, Ini Lokasi Pembagian Kacamata VR Gratis

TEMPO | 16 Oktober 2017 | 09:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM -  

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandi) hari ini, Senin (16/10), dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pelantikan akan disiarkan secara langsung melalui teknologi realitas maya atau virtual reality (VR).

Warga Jakarta bisa menikmati prosesi pelantikan secara empat dimensi melalui 30 kacamata atau goggle yang akan dibagikan secara gratis. "Di seluruh lokasi tersebut akan ada relawan dari Jakarta Maju Bersama yang membantu warga memanfaatkan fasilitas kacamata VR yang tersedia," kata Ketua Tim Pakar Smart City Anies-Sandi, Arief Mufti, melalui pesan pendek kepada Tempo pada Sabtu (14/10).

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik di Istana Negara oleh presiden Joko Widodo pada Senin sore. Keduanya akan memimpin Jakarta selama lima tahun ke depan setelah mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat pada pemilihan kepala daerah Jakarta 2017.

Arief Mufti mengatakan kacamata tersebut akan disebar di tiga lokasi sekitar Balai Kota, Jakarta Pusat. Namun, dia tak menjelaskan di mana ketiga lokasi tersebut.

Menurut Arief, kacamata VR juga akan dibagikan di 12 lokasi lainnya, yakni di Kelurahan Menteng Dalam, Kelurahan Pondok Kopi, Kelurahan Jatinegara, Kelurahan Pela Mampang, Kelurahan Cipete Selatan, Kelurahan Lebak Bulus, Kelurahan Tanjung Priok, Kelurahan Marunda, Kelurahan Penjaringan, Kelurahan Kembangan, Kelurahan Duri Kepa, dan Kelurahan Rawa Buaya.

Kamera high definition virtual reality itu, Arief menjelaskan, sebelumnya telah diuji coba di tiga lokasi pelantikan, yakni di Balai Agung, depan Gedung G Balai Kota, serta Ruang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. "Alhamdulillah hasilnya baik, kami bisa saksikan dan alami semua melalui kamera itu dengan baik," kata Arief.

Nantinya, siaran langsung VR dari ketiga tempat itu bisa disaksikan melalui ponsel, tablet, atau komputer dari seluruh Indonesia. Pengguna tinggal menggunjungi laman www.jakarta.go.id dan www.beritajakarta.id.

Siaran VR pelantikan Anies-Sandi tersebut terselenggara berkat kerja sama Citizen Innovation Lab, Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Jakarta Maju Bersama, serta SmartEye.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait