Tiba di Rumah Mertua, Kahiyang Ayu Injak Batang Pisang

TEMPO | 20 November 2017 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, tiba di kediaman mertuanya di Komplek Perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Medan, Sumatera Utara. Kahiyang yang ditemani sang suami, Bobby Afif Nasution, disambut dengan adat Haroan Boru.

Kahiyang Ayu dan Bobby tiba di lokasi pada Minggu (19/11), sekitar pukul 18.17 WIB. Kedatangan keduanya diiringi musik Gondang Tapak Dua.

Kedua sejoli yang turun dari mobil terlihat serasi dengan balutan pakaian bernuansa warna biru. Kahiyang Ayu yang menggunakan kebaya yang seluruhnya berwarna biru ditemani Bobby yang memakai batik dengan paduan celana berwarna hitam.

Selanjutnya Kahiyang dan Bobby berjalan kaki sekitar 50 meter menuju rumah orang tua Bobby. Tampak pula para rombongan keluarga mengikuti pengantin yang menikah di Solo pada 8 November yang lalu tersebut.

Sebelum memasuki rumah, Kahiyang menginjak batang pohon pisang yang sudah tertata di depan pintu masuk. Hal ini diartikan sebagai lambang suasana kesejukan dan kedamaian yang dibawa oleh Kahiyang ke rumah orang tua suaminya. 

Usai prosesi injak pohon pisang, Kahiyang dan Bobby masuk ke dalam rumah dan duduk bersila diatas tikar berlapis (amak lampisan) untuk mengikuti serangkaian prosesi Adat Horuan Boru lainnya. 

Kedatangan Kahiyang Ayu ke rumah orang tua suaminya merupakan kunjungan pertama setelah Kahiyang resmi dinikahi oleh Bobby Afif Nasution. Prosesi Haroan Boru merupakan adat Suku Mandailing untuk menerima kehadiran menantu ke rumah orang tua pasangannya.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait