Hadiri Acara Adat Pernikahan Kahiyang Ayu, Presiden Jokowi Akan Menari Tortor

Binsar Hutapea | 25 November 2017 | 06:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sabtu (25/11) ini merupakan puncak dari acara adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, orang tua Kahiyang Ayu, akan mengikuti rangkaian acara adat pada hari ini. 

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 pagi ini. Setelah tiba di lokasi acara adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution,  Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan disambut oleh suhut (pihak yang mempunyai hajatan--dalam hal ini keluarga Nasution) di pintu gerbang. Kemudian akan dibunyikan gordang sambilan dan prosesi adat dengan tortor mundur sampai gelanggang tempat acara. 

Sampai di tempat acara, Presiden Jokowi dan istri akan diberikan ulos panggobak ni tondi. Setelah pemberian ulos, diadakan acara manortor (menari). Saat tortor, Presiden Jokowi diayapi oleh raja-raja adat. Setelah selesai, gantian Ibu Iriana manortor yang diayapi oleh ibunda Bobby Nasution dan kahangginya (teman satu marga).

Selesai acara penyambutan Bapak Jokowi dan Ibu Iriana, dilanjutkan dengan prosesi pengantin menuju Tapian Raya Na Martua (pemandian). Ada upacara khusus marpangir, yaitu menghanyutkan masa remaja serta didoakan selamat menempuh hidup baru dan memperoleh keturunan anak laki-laki dan perempuan. Setalah rampung, kedua pengantin diarak kembali  ke gelanggang tempat acara dan dilanjutkan dengan acara  pemberian gelar adat kepada Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.

Setelahnya, akan ada upacara mangupa (memberi upa-upa atau restu), berupa upacara adat yang berwujud doa, pesan-pesan dan petunjuk kepada kedua pengantin, yang disampaikan dengan bahasa  adat yang berwujud sastra Mandailing, dan dibawakan oleh seorang yang disebut Datu Pangupa. Prosesi ini disusul dengan ajar poda atau nasihat kepada kedua pengantin sebagai bekal berumahtangga oleh orang tua dan raja adat. Menyusul kemudian prosesi tortor somba, di mana kedua pengantin manortor atau menari di hadapan orang tuanya, sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada orangtua dan raja-raja adat. 

Rangkaian acara adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada hari ini  akan ditutup dengan manyoda gondang seraya mengucapkan Horas sebanyak tiga kali. 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait