KPK Sebut Kamar RS Setya Novanto Dipesan Sebelum Tabrak Tiang Listrik

TEMPO | 11 Januari 2018 | 09:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, memesan kamar di Rumah Sakit Medika Permata Hijau untuk Setya pada 16 November 2017, sebelum kliennya menabrak tiang listrik dan mengaku cedera. Selain memesan kamar VIP, Fredrich berencana mem-booking satu lantai rumah sakit itu.

Menurut Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, ada bukti bahwa Fredrich menelepon seorang dokter di rumah sakit itu dengan mengatakan kliennya akan dirawat sekitar pukul 21.00. Pemesanan itu, kata dia, dilakukan sebelum terjadi insiden Setya menabrak tiang listrik. "Padahal saat itu belum diketahui SN akan dirawat karena sakit apa," katanya di kantor KPK, Rabu (10/1).

Sehari sebelumnya, 15 November 2017, Setya Novanto diagendakan diperiksa sebagai tersangka atas dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) oleh KPK. Malam harinya, KPK mendatangi rumah Setya di Jalan Wijaya XIII, Melawai, Kebayoran Baru, dengan membawa surat perintah penangkapan dan penggeledahan. Namun KPK tak menemukan Setya di sana.

Karena tak kunjung menemukan Setya, KPK menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) untuk Setya. Setelah itu, Setya dikabarkan mengalami kecelakaan di daerah Permata Hijau, Jakarta Selatan. Mobil Toyota Fortuner bernomor polisi B-1732-ZLO, yang ditumpangi Setya bersama kontributor Metro TV, Hilman Mattauch, menabrak tiang listrik.

Basaria mengatakan terdapat keanehan ketika Setya mengalami kecelakaan. Menurut dia, selaku korban kecelakaan, Setya tidak dirawat di ruang instalasi gawat darurat (IGD). "Melainkan langsung ke ruang rawat inap VIP," ujarnya.

Berdasarkan sederet kejanggalan itulah KPK hari ini resmi menetapkan Fredrich Yunadi dan dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo, sebagai tersangka. KPK menduga keduanya melakukan tindak pidana berupa merintangi atau menggagalkan penyidikan dalam perkara kasus korupsi proyek e-KTP.

KPK menduga Fredrich dan Bimanesh bekerja sama memasukkan Setya Novanto ke RS Medika Permata Hijau untuk kemudian dirawat inap dengan data-data medis, yang diduga dimanipulasi. Tujuannya, untuk menghindari panggilan dan pemeriksaan terhadap Setya oleh penyidik KPK.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait