Gubernur Anies Baswedan Tunjukkan Desain Rusun DP Nol Rupiah

TEMPO | 18 Januari 2018 | 22:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gubernur Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama rumah murah atau rumah susun dengan uang muka atau DP nol rupiah. Lokasinya di Klapa Village Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Usai melakukan ground breaking Anies Baswedan mengajak wartawan untuk melihat contoh dari hunian vertikal tipe 36. Terlihat dari desain yang dibuat pada bagian kiri setelah membuka pintu terdapat dapur dan tempat mencuci tangan atau piring. Di depan dapur terdapat meja makan yang muat menampung empat kursi. Kira-kira satu meter dari pintu masuk, sebelah kanan terdapat toilet. Sebelah kanan toilet terdapat kamar yang di desain untuk anak-anak. Ukuran kamar di bagian tengah tersebut lebih kecil dari kamar utama yang ada di sebelah kanan kamar tengah.

Kamar utama berada di pojok dari pintu masuk atau samping balkon. Di depan kamar utama terdapat ruang keluarga yang berisi televisi dan sofa di depannya, juga balkon di sampingnya.

Anies Baswedan mengatakan terdapat 20 lantai dengan 703 unit, 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Rumah-rumah vertikal ini nantinya akan dijual per unitnya untuk yang tipe 36 seharga Rp 320 juta, tipe 21 harganya Rp 185 juta.

Dirut PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, akan melakukan pembangunan satu tower terlebih dulu dengan rincian 513 unit dari tipe 36 meter persegi 2 kamar dan 190 unit tipe 21 meter persegi 1 kamar.

Sementara PT Jakarta Propertindo akan membangun rusunami di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Adapun PD Pembangunan Sarana Jaya akan membangun di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hunian DP nol rupiah merupakan program yang diusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno semasa kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait