Sukmawati Soekarnoputri Ungkap Asal-Usul Terciptanya Puisi Ibu Indonesia

Altov Johar | 4 April 2018 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Belakangan Sukmawati Soekarnoputri menjadi sorotan. Hal itu dikarenakan puisi berjudul Ibu Indonesia yang dianggap telah melecehkan umat Islam. Adapun puisi itu dibacakan di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week, beberapa waktu lalu.  

Sukmawati Soekarnoputri menyangkal punya niatan melecehkan umat Islam lewat karyanya. Sebab, puisi itu ia buat murni atas pandangannya sebagai seniman.

"Puisi Ibu Indonesia adalah salah satu puisi yang saya tulis, dan menjadi bagian dari buku Kumpulan Puisi Ibu Indonesia yang telah diterbitkan pada 2006," ujar Sukmawati Soekarnoputri di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (4/4).

"Puisi Ibu Indonesia ini ditulis sebagai refleksi dari keprihatinan saya tentang rasa wawasan kebangsaan, dan saya rangkum semata-mata untuk menarik perhatian anak-anak bangsa untuk tidak melupakan jati diri Indonesia asli," lanjutnya.

Dikatakan Sukmawati Soekarnoputri, puisi itu juga dibuat sebagai bentuk mengekspresikan diri melalui kebudayaan. Apalagi, puisi itu ia bawakan sesuai dengan tema yang diusung acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya.

"Saya pun tergerakkan oleh cita-cita untuk semakin memahami masyarakat Islam Nusantara yang berkemajuan, sebagaimana cita-cita Bung Karno. Dalam hal ini Islam yang bagi saya begitu agung, mulia, dan indah," ungkapnya.

Sukmawati Soekarnoputri  juga mengatakan, puisi Ibu Indonesia bentuk penghormatannya terhadap Bumi Pertiwi. Yang kaya akan tradisi kebudayaan, namun tetap tunggal ika.

Meski begitu, Sukmawati Soekarnoputri meminta maaf karena puisi Ibu Indonesia telah memantik kontroversi di masyarakat.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf lahir batin kepada umat Islam di Indonesia, khususnya bagi yang merasa tersinggung dan berkeberatan dengan puisi Ibu Indonesia," ucap Sukmawati Soekarnoputri.

(tov/bin)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait