Jokowi dan Prabowo Berpelukan, Ini Respons Fahri Hamzah

TEMPO | 30 Agustus 2018 | 10:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Momen saat Presiden Jokowi dan Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia Prabowo Subianto berpelukan dengan atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusuma menjadi buah bibir. Sejumlah politikus dari partai oposisi pun mengomentari peristiwa tersebut lewat akun media sosial mereka.

Salah satunya adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah. Melalui akun media sosial Twitter-nya, @Fahrihamzah, ia menyebut langkah Hanifan memeluk Jokowi dan Prabowo sebagai momen yang damai.

"Akhirnya, #pencaksilat lah yang membuat kita digdaya, mengharumkan nama bangsa. Dan yang mengharukan adalah secara simbolik melalui pesilat Hanifan Yudhani yang mempersembahkan medali emas ke-30 memeluk kedua capres 2019 dalam damai," tulis Fahri pada Rabu, 29 Agustus 2018.

Selain itu, Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno juga angkat suara lewat akun media sosial Instagram-nya, @Sandiuno. Sandiaga pun menyebut sampai merinding melihat momen tersebut. Ia pun berharap saat Pemilihan Presiden 2019 nanti masyarakat dapat bersatu meski berbeda pendapat.

"Saya merinding ketika menyaksikan momen ini. Bukan hanya karena medali emas yang diraih oleh Hanifan Yudani di cabang pencak silat, tapi ketika beliau berpelukan dengan dua negarawan, Pak @jokowi dan Pak @prabowo," tulis Sandiaga.

Momen Jokowi dan Prabowo berpelukan itu terjadi di tribun kehormatan Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Jakarta sekitar pukul 16.30 WIB. Jokowi yang duduk bersebelahan dengan Prabowo didatangi Hanifan membawa bendera Merah Putih setelah mengalahkan pesilat asal Vietnam Nguyen Thai Linh.

Hanifan awalnya menaiki tribun kehormatan dan bersalaman dengan pejabat negara yang hadir. Diawali dari Ketua Kontingen Indonesia pada Asian Games 2018 Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Setelah itu Hanifan bersalaman dengan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri serta memeluk Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selanjutnya giliran Presiden Jokowi yang dipeluknya dan diteruskan ke Prabowo Subianto yang dipeluk. Tak berselang lama, Hanifan memeluk erat secara bersamaan Jokowi dan Prabowo sehingga ketiganya berpelukan.

Momentum ini mendapat sambutan hangat dan tepuk tangan bergemuruh dari ribuan pasang mata yang menyaksikannya secara langsung. Pemandangan itu menjadi bersejarah karena kedua merupakan rival politik dalam pilpres 2019.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait