Siap Digelar, Koplo Indonesia Super Star Sediakan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Ari Kurniawan | 22 Maret 2023 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Popularitas dangdut koplo beberapa tahun belakangan terus meroket. Talenta baru terus bermunculan untuk menghibur masyarakat dari berbagai macam latar belakang.

Musik koplo sendiri merupakan mutasi dari musik dangdut yang bertambah kental irama tradisionalnya ditambah dengan masuknya unsur seni musik kendang kempul yang merupakan seni musik dari daerah Banyuwangi. Musik ini kemudian terus berkembang hingga kini semakin digandrungi generasi milenial dan gen z.

Berangkat dari fenomena tersebut , Metra Digital Media (MD media) yang menjadi bagian dari Telkom Group bekerjasama dengan Batavia Music Company menyelenggarakan ajang pencarian bakat bertajuk Koplo Indonesia Super Star (KISS. Lewat acara ini, diharapkan bisa mempercepat terjadinya regenerasi yang sehat dan berkelanjutan pada ekosistem musik Tanah Air.

"Melalui ajang talent show ini, diharapkan dapat memberikan warna baru bagi blantika musik dangdut khususnya koplo, sehingga akan muncul talent-talent baru yang bisa tampil di ajang nasional maupun internasional," kata Fakhri Chalid selaku VP New Business MD Media.

Ajang ini akan digelar perdana di area Jawa Barat. Setelah sukses, barulah menyasar sejumlah kota lain di Indonesia. Melalui ajang ini diharapkan bakal lahir bibit-bibit baru dalam kancah musik Indonesia.

"KISS ini diharapkan menjadi salah satu IP baru kami bersama-sama MD Media yang kedepannya dapat berkembang dan diterima oleh industri musik dangdut koplo. Serta juga dapat menjadi kerjasama yang menguntungkan bagi semua pihak," kata Lucki Lukman Hakim selaku Produser dari Batavia Music Company.

Pemenang ajang ini bakal mendapatkan kesempatan merekam karyanya dan terlibat dalam sejumlah konser. Ajang ini juga melibatkan pedangdut jebolan KDI, Kiki Ameera dan Aidil dalam proses kurasi.

"Intinya di sini kita akan pergi ke beberapa daerah untuk mengadakan konser-konser kecil dengan talent-talent yang sudah kita kurasi di online. Mudah-mudahan bisa seluruh Indonesia," tutupnya.

Adapun total hadiah yang disediakan mencapai Rp 35 juta, dengan rincian sebagai berikut:

Juara 1 : Rp. 15.000.000,-

Juara 2 : Rp. 10.000.000,-

Juara 3 : Rp. 5.000.000,-

Juara Favorit 1 : Rp. 2.500.000,-

Juara Favorit 2 : Rp. 2.500.000,

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait