Terinspirasi Billie Eilish, Weda Mauve Rilis Album Vinyl

Ari Kurniawan | 2 Desember 2023 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah sukses merilis album Denial secara digital dan kaset, Weda Mauve meluncurkan karyanya dalam bentuk piringan hitam atau vinyl.

Bagi Weda piringan hitam memiliki keunikan tersendiri dibanding kaset. Secara kualitas, Weda juga meyakini vinyl bisa mengeluarkan suara lebih baik ketimbang kaset atau CD.

"Aku merasa kalau album itu ya harus bentuk fisik. Makanya aku memproduksi ulang album Denial dan dirilis dalam bentuk vinyl. Merasa keren aja punya karya dalam bentuk vinyl," kata Weda Mauve dalam jumpa pers di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (1/12) malam

"Pas aku dengerin wah musiknya tuh lebih detil kalau didengarkan lewat piringan hitam. Hasilnya tuh keren banget," lanjutnya.

Piringan hitam pertama yang dimiliki Weda berisi lagu-lagu Billie Eilish. Dari situ, ia mulai ketagihan untuk membeli piringan hitam dari musisi-musisi lain. 

"Pas punya vinyl Billie Eilish, ya aku meyakinkan diri, gua harus bikin album vinyl," jelas penyanyi berusia 16 tahun itu.

Kegemaran Weda pada piringan hitam tak lepas dari peran Rian DMASIV, yang sudaj lama dikenal sebagai kolektor piringan hitam. Dari Rian, Weda mendapat banyak informasi seputar piringan hitam.

Album piringan hitam Weda sendiri membutuhkan waktu satu tahun hingga benar-benar rampung. 
Weda membuat tiga jenis album vinyl yang dibandrol dengan harga minimal Rp 35 ribu.

Keputusan Weda Mauve merilis album vinyl disambut baik oleh pengamat dan penggiat musik David Tarigan. Menurutnya, tidak banyak musisi yang mau merilis album dalam bentuk piringan hitam.

"Gua melihat Weda ya dia artis, ada penyanyi doang ya. Dia artis bahkan semua kreativitas ada di kepala dia, ya dia seniman. rilis piringan hitam ya karena niat dia. Dia mengekspresikan apa yang dia suka. Gua semakin respect sama dia jadinya," kata David Tarigan.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait