Nobar Film Eksil, Lola Amaria Kumpulkan Rp41 Juta untuk Palestina

Ari Kurniawan | 8 Desember 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lola Amaria menggelar aksi solidaritas untuk Palestina dengan melaksanakan pemutaran film berjudul Eksil (Exile) di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/12).

Kegiatan malam hari itu berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp41 juta, yang langsung disetor ke rekening resmi Bank Mandiri milik Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia.  

“Angka itu masih terus berjalan dan tidak berhenti di sini. Terpenting bagi kita, mereka sudah mau berdonasi. Bersukur sekali, banyak yang antusias untuk berdonasi membantu saudara-saudara kita di Palestrina,” kata Lola Amaria.

Langkah Lola Amaria mendapat apresiasi daru Duta Besar Palestina untuk Indonesia, yang turut hadir menyaksikan film berdurasi 119 menit itu.

“Mereka tahu banyak orang Indonesia yang mensupport kemerdekaan untuk Palestina agar supaya perang ini berakhir. Saya pribadi prihatin dengan banyaknya korban akibat perang ini. Banyak korban wanita dan anak-anak sampai bayi yang meninggal dunia akibat perang ini. Saya melihatnya ini pembunuhan terhadap bayi-bayi seperti ingin menghilangkan generasi di Palestina,” ungkap Lola Amaria. 

Film Eksil sendiri menceritakan para eksil atau orang-orang yang diasingkan dan tidak bisa kembali ke Indonesia akibat peristiwa 30 September 1965. Lola Amaria terjun langsung mewawancara para eksil yang tersebar di beberapa negara. 

“Saya dari 2013 sudah sampai 2015. Di tengah perjalanan itu beberapa narasumbernya sudah meninggal, karena memang sudah tua," kata Lola. 

Film Eksil memenangkan penghargaan untuk kategori film dokumenter panjang terbaik Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Dari sini Lola Amaria berharap jaringan bioskop di Indonesia bisa 
memberikan ruang kepada filmnya agar bisa disaksikan masyarakat luas.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait