Film Indonesia Dari Timur Angkat Potensi Papua dalam Sepak Bola

Ari Kurniawan | 10 Desember 2023 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pasangan Nia Sihasale dan Ari Sihasale kembali mengangkat cerita anak-anak Papua ke layar lebar. Kali ini sebuah film berjudul "Indonesia Dari Timur", yang berkisah tentang potensi pemuda Papua dalam sepak bola.

"Kita tahu sepak bola jadi olahraga diminati di tanah Papua dan seluruh dunia. Sepak bola olahraga pemersatu bangsa. Kami mau memberikan inspirasi dari ujung timur Indonesia," kata Nia Sihasale, dalam jumpa pers di XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/12).

Ide membuat film ini muncul saat Nia dan Ari menghadiri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, pada 2021 lalu. Dari situ mereka bertemu mantan pemain Timnas Indonesia, Eduard Ivakdalam untuk membahas penggarapan film tentang sepak bola di Papua.

"Kami melihat cabang olahraga sepak bola dimenangkan tim dari Papua baik ketagori pria dan wanita, sehingga tercetus pemikiran, bagaimana kita angkat tentang itu kedalam sebuah film," ucap Nia Sihasale.

"Langsung lah kami bertemu dengan Eduard Ivakdalam. Kami membahas ceritanya selama dua tahun lah," Ari Sihasale menimpali.

Ari Sihasale memulai produksi film Indonesia Dari Timur pada akhir Desember 2022 dan baru selesai pada Februari 2023. Ari memilih banyak tempat indah di Papua untuk pengambilan gambar.

"Kami menggunakan banyak daerah di tiga provinsi di Papua. Tentu saja sangat berat syuting di sana, dari satu kota ke kota lain itu jaraknya sangat jauh, bisa dibayangkan membawa rombongan besar harus cepat berpindah, itu hal yang sangat sulit," jelas Ari Sihasale.

"Tapi dengan semangat yang besar dari tim maka akhirnya proses syuting cepat selesai," sambungnya.

Selain Ari Sihasale, Film Indonesia Dari Timur juga dibintangi oleh Ibnu Jamil, Donny Alamsyah, dan Dinda Ghania.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait