Film Saat Menghadap Tuhan Menandai 25 Tahun Karier Rudi Soedjarwo 

Ari Kurniawan | 30 Mei 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menandai 25 tahun kariernya di industri perfilman Indonesia, Rudi Soedjarwo menghadirkan karya terbaru. Rudi menggarap film berjudul "Saat Menghadap Tuhan", yang terinspirasi dari keresahannya terhadap sisi gelap para remaja saat ini.

Rudi Soedjarwo merasa prihatin dengan meningkatnya kasus perundungan dan kekerasan terhadap anak-anak dan juga remaja. Sutradara 52 tahun itu menganggap isu ini perlu terus diangkat agar hadi perhatian pihak-pihak terkait, baik itu orang tua, guru di sekokah, hingga pemerintah.

"Kenapa tidak diprioritaskan hal ini? Kayaknya lewat film bisa, deh, kita mulai berbagi ini. Film ini juga bisa menjadi tempat kita berbagi luka dan mencari bagaimana kita ke depannya, misalnya terjadi seperti ini korban harus kemana? Kalau dia takut ngomong atau malu, dia harus kemana? Ada tempat untuk dia berbagi tidak?" kata Rudi Soedjarwo. 

Film Saat Menghadap Tuhan menceritakan kehidupan empat sahabat yang masing-masing memiliki latar belakang gelap, seperti mengalami trauma masa kecil yang bisa membuat meledak kapan saja, hingga mengalami kekerasan seksual dari anggota keluarga. Persahabatan menjadi cahaya di tengah kegelapan yang mereka hadapi.

Saat Menghadap Tuhan juga menjadi sarana bagi Rudi untuk menyuarakan keprihatinannya dan mengajak penonton untuk turut peduli terhadap masalah seperti itu. Dengan menggambarkan kisah yang menyentuh, dia berharap film itu dapat membuka mata masyarakat dan memicu diskusi tentang perlunya perhatian terhadap kesehatan mental anak-anak dan remaja.

Rudi Soedjarwo menyadari tema yang diangkatnya kali ini tak terdengar "seksi" di tengah gempuran film-film horor di bioskop. Ia pun memberanikan diri untuk memproduksi film ini lewat rumah produksi yang baru ia rintis, RexCorp.

"Kalau sata sodorkan ke produser, mereka lebih meminta sata garap horor. Makanya saya memutuskan untuk berjuang sendiri lewat RexCorp ini," ungkapnya.

Film Saat Menghadap Tuhan akan tayang di bioskop Indonesia mulai 6 Juni 2024.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait