Membuat Adit & Sopo Jarwo, MD Animation Banyak Pekerjakan Jebolan SMK

Wida Kriswanti | 15 Maret 2015 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - MD Animation memiliki sistem kerja yang sedikit berbeda dalam membuat tayangan animasi. Alih-alih menggunakan animator berpengalaman, mereka justru lebih banyak memakai para jebolan SMK. 

"Sekitar 80 persen dari total sekitar 250 animator yang bekerja di sini anak SMK (lokal)," ungkap Rahman Ibrahim, Kepala Marketing Komunikasi MD Animation, yang membuat animasi Adit & Sopa Jarwo (AJS). 

Jumlah yang banyak dipercaya sebagai kunci untuk mengejar produksi. Walau pada akhirnya, dalam satu tahun tayang, ASJ "hanya" menghasilkan 27 episode. "Kami bersyukur, tayang diulang-ulang pun rating tetap tinggi," Rahman gembira. Untuk tahun 2015, MD Animation menargetkan 28 episode baru untuk ASJ. "Musim ke-2, kami menambah satu episode," bocornya.
    
Rahman sedikit menginformasikan bagaimana sebuah animasi dikerjakan. Hingga mendapatkan gambar seperti kualitas ASJ, satu orang animator membutuhkan satu hari penuh untuk 3 detik gerakan. Itu sekitar 24-25 frame per detiknya. Dengan 250 orang animator yang dimiliki, maka akan dihasilkan 3 segmen dalam satu bulan. 

Intinya, semakin banyak animator yang dikaryakan, maka semakin cepat mendapatkan hasil yang diinginkan. "Karena itu MD Animation membuka MD training center di Solo. Kami ingin mempersiapkan animator yang lebih banyak lagi, sekitar 300 atau 400 orang. Target tahun 2018, kami sudah bisa mempekerjakan 5.000 animator," Rahman berharap. 

(wida/adm)

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait