Mengintip Tren Busana Muslim MUFFEST+ 2023, Desainer Berani Tampil dengan Kreasi Berbeda

Ari Kurniawan | 21 Maret 2023 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wanita muslim semakin banyak pilihan dalam hal fashion. Jauh dari kesan kaku, para desainer kini semakin berani bermain dengan siluet, detail, dan bahan agar menampilkan kreasi busana yang lebih kontemporer.

Seperti yang dipamerkan di hari keempat MUFFEST+ 2023 di The Westin pada 10 Maret 2023. Di tengah tren busana muslim yang feminin dengan dominasi warna pastel dan detail cantik nan berkilauan, sederet label berikut mencoba menawarkan gaya lain yang mencuri perhatian.

Buttonscarv

Buttonscarves masih setia dengan garis desainnya yang feminin dan elegan. Namun pada koleksinya kali ini Buttonscarves menawarkan sesuatu yang sepertinya masih jarang digarap di ranah busana muslim yakni tailoring.

Gaya tailoring diwujudkan dalam rupa blazer dan mantel yang dikenakan bersama blus, rok, ataupun celana panjang.

Keberagaman material juga turut jadi focal point dari koleksi bertajuk The Dream Capsules ini yang mana memakai denim, jacquard, rajutan, satin, dan denim.

Sofie x Rose.Ma.Lina

Tailoring, motif abstrak, dan warna jadi tiga elemen yang diramu oleh Sofie dan Rose.Ma.Lina dalam koleksi kolaborasi keduanya.

Lewat pilihan potongan dan siluet yang berkesan streetwear berhasil membuat kombinasi warna dan motif yang kontras jadi terlihat modis, vibran, dan tidak berlebihan.

ZM Zaskia Mecca

Jika umumnya unsur tradisional yang sering jadi inspirasi fashion adalah wastra, maka label ZM Zaskia Mecca mengangkat unsur yang cukup berbeda yakni aksara yang hampir punah.

Ada dua edisi yang ditampilkan yakni Aksara Minangkabau dan Aksara Batak. Menariknya unsur tradisional tersebut ditampilkan dalam deretan busana bergaya kasual seperti blus, jaket, dan luaran.

Boolao

Koleksi busana laki-laki juga turut ditampilkan di MUFFEST+ 2023. Salah satu yang mengkreasikannya adalah label Boolao. Deretan kemeja, blazer, dan coat bernuansa biru yang bergaya kontemporer dibuat dari katun dan linen yang berasal dari serat alami.

Selain itu pada keterangan yang dirilis, motif jumputan yang menghiasinya dibuat dengan teknik ecoprinting di mana tumbuhan dibiarkan meninggalkan jejak. Boolao juga turut memberdayakan ibu-ibu di Kabupaten Sayang, Bandung dalam pembuatan kain tersebut.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait