Tips Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Saat Musim Kemarau dan Cuaca Ekstrim

Ari Kurniawan | 25 Mei 2023 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Indonesia mengalami suhu panas pada beberapa waktu terakhir ini. Secara indikator statistik suhu kejadian, lonjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2° celcius melalui pengamatan stasiun BMKG pada pekan lalu hanya terjadi satu hari tepatnya pada tanggal 17 April 2023.

Suhu panas tersebut membuat kita sering menemui masalah-masalah yang menyerang kulit saat musim panas salah satunya adalah tumit pecah-pecah. Cracked Heels atau tumit pecah-pecah disebabkan oleh kulit yang kering. Gejalanya bertambah buruk saat kulit di sekeliling tumit terdapat penebalan kulit kering.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi tumit pecah-pecah saat musim kemarau atau cuaca ekstrim, antara lain:

1. Sesudah mandi, gosoklah bagian tumit dengan alat penggosok khusus kaki secara rutin atau menggunakan batu apung, sehingga kulit baru dapat tumbuh dengan baik.

2. Hindari merendam kaki dengan air yang bersuhu terlalu panas, karena kulit akan cepat kering dan keriput.

3. Oleskan lotion kaki seperti Kanna cream lembut yang mengandung bahan soya lecithin yang dapat mengatasi tumit pecah-pecah dan kulit kering setiap pagi dan malam hari. Oleskan lagi bila Anda akan berada di dalam ruangan ber-AC lebih dari 10 jam

Memang masalah tumit pecah-pecah bukanlah hal serius, namun ini akan mengurangi keindahan kaki kita dan akan menggangu aktivitas sehari-hari kita, apalagi kalau kita menggunakan sepatu terbuka setiap harinya. Yuk, mulai rawat kaki kita.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait